Daftar 8 Tim yang Sudah Lolos ke 16 Besar Euro 2024: Tiga Dibantu Spanyol
Penyerang timnas Italia, Mattia Zaccagni (tengah) melakukan selebrasi di akhir pertandingan Grup B Euro 2024 antara Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig di Leipzig pada 24 Juni 2024. Golnya di masa injury time membuat Italiamenahan Kroasia 1-1 dan berhak melaju ke 16 besar. GABRIEL BOUYS / AFP
07:30
25 Juni 2024

Daftar 8 Tim yang Sudah Lolos ke 16 Besar Euro 2024: Tiga Dibantu Spanyol

Sebanyak delapan tim sudah dipastikan lolos ke 16 besar Euro 2024. Tiga diantaranya berhasil melaju meski belum memainkan matchday ketiga atau terakhir fase grup.

Spanyol dan Italia berhasil menyusul tuan rumah Jerman, Portugal dan Swiss untuk mengunci tiket ke babak 16 besar.

La Furia Roja yang sudah dipastikan finis teratas Grup B, menyempurnakan kiprah mereka dengan kemenangan 1-0 atas Albania pada Selasa (15/6/2024) dini hari WIB.

Sementara Italia lolos secara dramatis. Mereka sempat tertinggal satu gol dari Kroasia sebelum menyamakan kedudukan 1-1 di masa injury time.

Baca Juga: Euro 2024: Ruang Ganti Inggris Memanas Jelang Laga Penting Kontra Slovenia, 2 Pemain Adu Jotos

Gawang Gli Azzurri sempat dibobol Luka Modric pada menit ke-55. Mereka harus susah payah untuk menyamakan kedudukan lewat Mattia Zaccagni pada menit 90+7!

Hasil imbang itu membuat Italia finis sebagai runner-up Grup B dan berhak melangkah ke fase gugur. Di sisi lain, Kroasia hampir dipastikan tersingkir, setelah cuma mengoleksi dua poin dari tiga laga hingga finis di urutan ketiga.

Penyerang Spanyol, Ferran Torres (ketiga kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya selama pertandingan Grup B Euro 2024 antara Albania vs Spanyol di Duesseldorf Arena di Duesseldorf pada 24 Juni 2024.Alberto PIZZOLI / AFP.Penyerang Spanyol, Ferran Torres (ketiga kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya selama pertandingan Grup B Euro 2024 antara Albania vs Spanyol di Duesseldorf Arena di Duesseldorf pada 24 Juni 2024.Alberto PIZZOLI / AFP.

Menariknya, selain Spanyol dan Italia, terdapat tiga raksasa lain yang juga dipastikan lolos ke babak 16 besar pada Selasa (25/6/2024) dini hari WIB.

Mereka adalah Inggris, Prancis dan Belanda. Ketiganya memang belum memainkan matchday terakhir grup, tetapi secara matematis sudah dipastikan lolos.

Hal itu bisa terjadi setelah Spanyol mengalahkan Albania. Sebelum kalah, Albania masih berpeluang lolos setidaknya lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Kibarkan Merah Putih, Pendukung Timnas Pusat Bikin Suporter Makin Stockholm Syndrome?

Kekalahan Albania membuat Inggris, Prancis dan Belanda dipastikan lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, ketiga tim sejauh ini telah mengoleksi 4 poin dari dua laga.

Secara matematis, jumlah poin mereka lebih besar dibanding tim-tim yang saat ini berada di urutan tiga klasemen.

Hal itu membuat Inggris, Prancis dan Belanda bakal berada di top 3 dari empat slot tim peringkat tiga terbaik andaipun kalah di laga terakhir grupnya masing-masing.

Daftar 8 tim yang sudah lolos ke 16 besar Euro 2024

  • Jerman
  • Spanyol
  • Portugal
  • Swiss
  • Italia
  • Inggris
  • Prancis
  • Belanda

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #daftar #yang #sudah #lolos #besar #euro #2024 #tiga #dibantu #spanyol

KOMENTAR