Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Gila, Bantu Portugal Comeback Dramatis Lawan Ceko di Euro 2024
Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi selama pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024.
07:06
19 Juni 2024

Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Gila, Bantu Portugal Comeback Dramatis Lawan Ceko di Euro 2024

Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan status legendarisnya di sepak bola Eropa pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Striker 39 tahun itu mengukir rekor sebagai pemain pertama yang tampil di enam edisi Euro atau Kejuaraan Eropa.

Pencaiapan dahsyat itu terukir dalam karier gemilang Ronaldo saat dirinya membantu Portugal melakoni comeback dramatis 2-1 melawan Republik Ceko.

Perjalanan Ronaldo di Euro dimulai pada tahun 2004, di mana Portugal menjadi tuan rumah turnamen tersebut namun kalah di final melawan Yunani.

Ia kemudian memimpin negaranya meraih gelar juara pada Euro 2016, satu-satunya trofi internasional utama mereka, kendati cedera memaksanya diganti lebih awal di babak final.

Baca Juga: Trivia Portugal vs Republik Ceko, 5 Fakta Menarik Laga Grup F Euro 2024

Pelatih Portugal, Roberto Martinez, tetap memasukan pemain veteran itu ke dalam skuad meskipun ia "cuma" bermain untuk klub Arab Saudi, Al-Nassr, yang berada di luar lima liga teratas Eropa.

Meskipun Ronaldo menunjukkan beberapa momen kecemerlangannya, malam kontra Ceko awalnya tampak sunyi baginya. Sundulan telatnya yang membentur Diogo Jota dan masuk ke gawang dianulir karena offside tipis melalui VAR.

Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dan pencetak Francisco Conceicao melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024.Adrian DENNIS / AFP.Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dan pencetak Francisco Conceicao melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024.Adrian DENNIS / AFP.

Namun, kegigihan Portugal terbayar di saat-saat terakhir. Pemain pengganti Francisco Conceição menjadi pahlawan dengan mengamankan kemenangan dramatis melalui sontekan jarak dekat pada menit ke-92.

Kemenangan diraih setelah pertandingan menegangkan di mana Republik Ceko mencetak gol terlebih dahulu. Lukáš Provod melepaskan tembakan jarak jauh yang luar biasa pada menit ke-62, membawa Ceko unggul.

Portugal merespons dengan cepat, melalui keberuntungan mereka berhasil menyamakan kedudukan. Umpan silang yang salah diantisipasi oleh kiper Ceko Jindich Stank malah membentur beknya sendiri, Robin Hraná, dan masuk ke gawang.

Baca Juga: 3 Rekor Epik Siap Diukir Cristiano Ronaldo di Laga Portugal vs Ceko, Legenda Sejati

Ronaldo, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Euro dengan 14 gol, telah mencetak gol di setiap Kejuaraan Eropa yang ia ikuti. Kini ia berpeluang menjadi pencetak gol tertua dalam sejarah kompetisi tersebut di laga ke depan.

Pemain Portugal lainnya, Pepe, juga memecahkan rekor. Di usia luar biasa 41 tahun 113 hari, ia menjadi pemain tertua yang pernah tampil di Kejuaraan Eropa.

Pencarian Portugal untuk meraih kejayaan Euro 2024 berlanjut pada Sabtu (23/6/2024) melawan Turki, kemudian disusul pertandingan melawan Georgia pada Rabu depan.

Tim ini berharap dapat membangun kemenangan pembuka ini dan berpotensi melihat Ronaldo menambah catatan sejarahnya yang sudah melegenda di ajang Euro.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #cristiano #ronaldo #pecahkan #rekor #gila #bantu #portugal #comeback #dramatis #lawan #ceko #euro #2024

KOMENTAR