Ole Romeny
Striker FC Utrecht, Ole Romeny yang dikabarkan punya darah Indonesia. (Instagram/@oleromeny)
13:42
18 Juni 2024

Ole Romeny

Ole Romeny merupakan pesepak bola profesional Belanda yang punya darah keturunan Indonesia. Ia belakangan santer dikabarkan menjadi calon pemain naturalisasi berikutnya.

Sejak awal tahun 2024 nama Romeny memang santer dikabarkan menjadi incaran PSSI untuk dinaturalisasi. Kebutuhan akan penyerang tajam menjadi salah satu urgensinya.

Shin Tae-yong kerap menyoroti lemahnya lini depan Timnas Indonesia. Pengakuan teranyar Shin Tae-yong hadir usai Indonesia menghadapi Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua.

Dengan status sebagai penyerang di FC Utrecht, banyak yang berharap pemain keturunan Medan ini bisa dinaturalisasi oleh PSSI dan membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Media Malaysia Nyinyir Sebut Timnas Indonesia Cuma Beruntung Lolos ke Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Biodata dan Asal Usul Ole Romeny

Sosok dengan nama lengkap Ole ter Haar Romeny lahir di Kota Nijmegen, Belanda, pada 20 Juni 2000. Disebutkan bahwa Romeny punya darah Indonesia dari sisi Ibunya. Neneknya dikabarkan lahir di Medan, Sumatera Utara.

Pemain berusia 23 tahun itu mengakui, dia memang memiliki peluang dan memenuhi syarat memperkuat Timnas Indonesia karena memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari neneknya.

Menurut Ole Romeny, ibunya juga sering menceritakan kisah-kisah mengenai tanah kelahiran leluhurnya. Hal inilah yang membuat Romeny menjadi punya ikatan tersendiri dengan Indonesia.

Karier Klub Ole Romeny

Baca Juga: Dapat Lawan Kuat di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Nova Arianto Berharap Tuah Timnas Indonesia di Kuwait

Lahir dan besar di Nijmegen, Romeny sempat menimba ilmu sepak bola di NEC Nijmegen dari 2011. Pada 2018, ia kemudian promosi ke tim utama NEC Nijmegen.

Ia melakoni debutnya di tim utama Nijmegen pada 19 Januari 2018. Di musim perdananya itu, ia tampil cukup reguler dengan catatan 24 penampilan di Liga 2 Belanda.

Pada musim keduanya di Nijmegen atau di 2019/20, Romeny mulai mendapat waktu bermain reguler dengan catatan 8 gol dan 2 assist dari 27 laga di Liga 2 Belanda.

Di musim 2020/21, setelah sempat tampil dengan Nijmegen, ia dipinjamkan ke klub Eredivisie atau Liga 1 Belanda, Willem II untuk satu musim.

Satu musim selanjutnya ia kembali ke NEC Nijmegen, tapi pada Januari 2022 Romeny dilepas ke klub Liga 2 Belanda, FC Emmen.

Ia membantu FC Emmen menjuarai Liga 2 Belanda 2021/22 dan promosi ke Eredivisie. Di Eredivisie 2022/23, Ole Romeny mencatatkan musim terbaiknya dengan torehan 12 gol dan 4 assist dari 39 penampilan di semua ajang.

Meski FC Emmen terdegradasi dari Eredivisie, Ole Romeny yang tampil impresif akhirnya dibeli oleh FC Utrecht. Sayang di musim 2023/24 ia jarang tampil dengan hanya menorehkan satu gol dari 18 pertandingan.

Karier di Timnas Belanda

Potensi Ole Romeny sebetulnya sudah dilihat sejak remaja. Ia sempat menghiasi skuad Belanda kelompok umur dari Belanda U-15 hingga terakhir Belanda U-20.

Total ia mencatatkan 9 penampilan buat Belanda di level kelompok umur dengan torehan satu gol. Sayang ia tidak pernah dilirik untuk masuk ke skuad senior Belanda.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #romeny

KOMENTAR