Ian Maatsen
Bek Burnley Ian Maatsen melakukan pemanasan menjelang kick-off dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Burnley di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 18 Maret 2023. Oli SCARFF/AFP
19:06
15 Juni 2024

Ian Maatsen

Ian Maatsen adalah pesepakbola Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia-Suriname. Ia semakin dikenal sebagai pemain muda potensial usai tampil impresif di musim 2023/24.

Namanya juga sempat jadi perbincangan hangat netizen Indonesia karena diabaikan oleh Timnas Belanda jelang Euro 2024.

Ia sempat dipanggil dalam seleksi tapi dicoret dari daftar final. Akan tetapi, Ronald Koeman kemudian memasukkan namanya jelang laga pertama Belanda di Euro 2024 untuk menggantikan Frenkie de Jong yang cedera.

Jika Maatsen membela Belanda di laga resmi macam Euro, maka akan semakin kecil dan sulit peluang PSSI untuk bisa menaturalisasinya.

Baca Juga: Mees Hilgers

Biodata dan Asal Usul Ian Maatsen

Pemain dengan nama lengkap Ian Ethan Maatsen ini lahir di Vlaardingen, Belanda, pada 10 Maret 2002. Kendati lahir dan besar di Belanda, ia punya darah campuran.

Mengalir di tubuh Maatsen darah Indonesia-Suriname. Darah Indonesia didapatkannya dari sang ibu yang berasal dari Jawa.

Karier Klub Ian Maatsen 

Sepak bola sudah ditekuni oleh Maatsen sejak berusia 7 tahun dengan bergabung ke akademi Feyenoord. Namun ia akhirnya keluar setelah dianggap punya postur tubuh yang kecil.

Baca Juga: Pemain Keturunan Rp695 Miliar Diambang Hilang Syarat Bela Timnas Indonesia

Setelah itu ia sempat bergabung ke tim junior Sparta Rotterdam dan PSV Eindhoven. Maatsen lalu pindah ke Chelsea pada 2018.

Pada musim perdananya di Chelsea, ia lebih banyak bergabung dengan tim U-18. ia baru debut di tim utama Chelsea pada September 2019 sebagai pemain pengganti di laga Piala Liga Inggris.

Kendati sudah masuk daftar pemain di tim utama musim itu, Maatsen lalu dipinjamkan ke tim divisi tiga Inggris, Charlotte Athletic, di musim 2020/21.

Satu musim di sana, ia dipinjamkan ke klub Divisi Kedua Inggris, Coventry City dan Burnley. Usai membantu Burnley promosi ke Liga Inggris, Maatsen baru dipercaya tampil di tim utama Chelsea pada musim 2023/24.

Ian Maatsen pun mendapat perpanjangan kontrak dari Chelsea hingga 2026, tapi ia langsung dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga akhir musim 2023/24.

Karier di Timnas Belanda

Ian Maatsen yang merupakan pemain bertalenta, sudah menjadi bagian dari Timnas Belanda kelompok umur dari U-15 hingga U-21.

Pencapaian terbaiknya bersama Belanda kelompok umur adalah menjadi juara Euro U-17 2019 usai mengalahkan Italia di babak final.

Di timnas senior Belanda, Ian Maatsen sudah beberapa kali dipanggil tapi belum mendapat kesempatan bermain. Euro 2024 besar kemungkinan menjadi kansnya untuk debut bersama Tim Oranje.

Prestasi Ian Maatsen

1x Juara Divisi Championship (Liga 2 Inggris)

1x Juara Euro U-17 2019.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #maatsen

KOMENTAR