Mees Hilgers
Mees Hilgers (twenteinsite.nl)
12:06
15 Juni 2024

Mees Hilgers

Mees Hilgers merupakan pesepak bola keturunan Belanda-Indonesia yang sempat dirumorkan bakal menjadi pemain naturalisasi.

Hilgers tergolong ke dalam pemain keturunan Grade A karena statusnya sebagai pemain inti dari klub Eredivisie Belanda, FC Twente.

Namanya kembali ramai diperbincangkan karena mengomentari unggahan pemain naturalisasi yang baru bergabung, Calvin Verdonk, saat melakoni debut buat Timnas Indonesia melawan Filipina, Selasa (11/6/2024).

Ia langsung mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk tampil sebagai wing back kiri sejak awal laga. Performa pemain 27 tahun itu juga impresif dan menuai banyak pujian.

Baca Juga: OTW Naik Kelas, Pemain Keturunan Indonesia Seharga Rp230 Miliar Dibidik West Ham United

Verdonk lalu mengunggah momen ia tampil buat Timnas Indonesia di Instagram pribadinya. Ada dua pemain keturunan Indonesia yang jadi incaran PSSI ikut berkomentar. Mereka adalah Mees Hilgers serta Ole Romeny

Biodata dan Asal Usul Mees Hilgers

Hilgers merupakan kelahiran kota Amersfoort, Belanda, pada 13 Mei 2001. Dia mulai bermain sepak bola sejak usia 4 tahun.

Meski lahir dan besar di Belanda, Hilgers punya darah Indonesia dari ibunya yang berdarah Manado, Sulawesi Utara.Pemain yang posisi utamanya sebagai stopper tersebut juga punya nama khas Manado, yaitu Tombeng. Oleh karena itu, Mees Hilgers sempat berhasrat untuk bela Timnas Indonesia.

Akan tetapi, dalam perjalanannya Mees Hilgers memilih untuk tetap menjadi Warga Negara Belanda dan menolak dinaturalisasi Indonesia.

Baca Juga: Lagi Liburan Dipanggil ke Euro 2024, Pemain Keturunan Jawa ke Jerman Tak Bawa Sepatu

Perjalanan Klub Mees Hilgers

Semakin serius bermain sepak bola, Hilgers bergabung dengan klub di kampung halamannya, ASC Nieuwland. Setelah cukup lama di sana, Hilgers kemudian pindah ke klub Sparta Nijkerk saat berusia 8 tahun.

Bakat Mees Hilgers tercium oleh talent scout dari FC Twente saat usianya menginjak 10 tahun. Sejak saat itulah karier sepak bola Hilgers semakin berkembang bersama FC Twente.

Terhitung hingga tahun ini, Hilgers sudah bersama FC Twente selama lebih dari 10 musim. Kerja kerasnya di sana akhirnya terbayar ketika mendapat kontrak profesional pertama kalinya dari FC Twente pada 2018. 

Namun pada awal karier profesionalnya, Hilgers lebih banyak tergabung di skuad U-19 Twente lalu naik kelas ke tim U-21 atau dikenal sebagai Jong Twente.

Hingga akhirnya pada 5 Desember 2020, Hilgers melakoni debutnya buat tim utama FC Twente di laga Eredivisie melawan Ajax Amsterdam.

Setelah hanya tampil tiga kali di musim 2020/21, Mees Hilgers langsung jadi andalan di lini belakang FC Twente pada musim 2021/22 dengan catatan 26 penampilan di semua kompetisi.

Sampai musim 2023/24 berakhir, Mees Hilgers tercatat sudah melakoni 97 laga buat FC Twente di semua ajang dengan torehan 2 gol dan satu assist.

Nilai pasar Mees Hilgers juga melonjak drastis usai mendapat menit bermain reguler di FC Twente. Per Transfermarkt, saat ini pemain 23 tahun itu punya nilai pasar 7 juta euro atau sekitar Rp 123 miliar.

Karier di Tim Nasional

Kendati punya cukup banyak pengalaman bermain di level senior, Mees Hilgers sangat jarang mendapat panggilan memperkuat Timnas Belanda.

Selain belum pernah dipanggil ke timnas senior Belanda, Mees Hilgers juga baru sekali memperkuat Timnas Belanda U-21 yang jadi satu-satunya penampilan Hilgers bersama Timnas Oranje.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mees #hilgers

KOMENTAR