Pelatih Malaysia Akhirnya Akui Timnas Indonesia Calon Raja ASEAN
Pelatih Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon meneriakkan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan Grup E Piala Asia 2023 antara Korea Selatan vs Malaysia di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 25 Januari. 2024. HECTOR RETAMAL / AFP.
15:06
14 Juni 2024

Pelatih Malaysia Akhirnya Akui Timnas Indonesia Calon Raja ASEAN

Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon akhirnya mengakui kekuatan besar Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dia bahkan tak segan menilai Garuda akan jadi rasa di ASEAN.

Hal itu disampaikan juru taktik asal Korea Selatan tersebut selepas membawa Malaysia mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1 dalam matchday terakhir Grup D putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024).

Kemenangan Malaysia pada akhirnya tak cukup untuk membantu mereka finis dua besar Grup D. Harimau Malaya pun harus tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di sisi lain, Timnas Indonesia menciptakan sejarah di malam yang sama. Garuda menang 2-0 atas Filipina dalam matchday terakhir Grup F dan berhak melaju ke putaran ketiga.

Baca Juga: Respons PSSI Soal Cristian Gonzales Nonton Timnas Indonesia di Tribun Biasa SUGBK

Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)

Timnas Indonesia finis kedua di bawah Irak dengan koleksi 10 poin. Ini merupakan kali pertama Garuda berhasil melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Kemenangan atas Filipina juga membuat Timnas Indonesia menjaga tradisi di mana wakil ASEAN selalu meloloskan satu wakilnya sejak format putaran ketiga diperkenalkan pada 2018.

Timnas Indonesia mengikuti jejak Thailand dan Vietnam yang masing-masing mewakili ASEAN di putaran ketiga pada Piala Dunia edisi 2018 dan 2022.

“Bagi saya, Indonesia akan segera menjadi tim besar di sini (Asia Tenggara), mereka berusaha keras tetapi kami [juga] harus menghadapi tantangan,” kata Kim Pan-gon dikutip dari Astro Awani, Jumat (14/6/2024).

Selepas putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Malaysia kini mengalihkan fokus ke ASEAN Cup atau Piala AFF 2024 yang akan berlangsung pada Desember tahun ini.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Puji Kehebatan Timnas Indonesia, Takut Semakin Tertinggal

Malaysia tergabung di Grup A bersama Kamboja, Singapura, Thailand dan pemenang playoff antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sementara Timnas Indonesia di Grup B bersama Laos, Myanmar, Filipina dan Vietnam.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pelatih #malaysia #akhirnya #akui #timnas #indonesia #calon #raja #asean

KOMENTAR