Stefano Cugurra Sambut Positif Aturan Baru Pemain U23 Liga 1
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. (baliutd.com)
07:54
14 Juni 2024

Stefano Cugurra Sambut Positif Aturan Baru Pemain U23 Liga 1

Bali United menyambut positif aturan baru terkait keterlibatan pemain U23 pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

“Situasi bagus buat pemain muda bisa punya kesempatan untuk membantu tim di lapangan,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra di Denpasar, Kamis (13/6/2024), seperti dimuat ANTARA.

Pada musim sebelumnya mewajibkan setiap klub peserta kompetisi kasta teratas klub tanah air untuk memainkan minimal satu pemain Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di bawah 23 tahun sekurang-kurangnya selama 45 menit pada babak awal.

Skuad Bali United foto bersama saat laga menghadapi Rans Nusantara di Stadion Bantul, Yogyakarta, Minggu (17/3/2024). ANTARA/HO-Bali UnitedSkuad Bali United foto bersama saat laga menghadapi Rans Nusantara di Stadion Bantul, Yogyakarta, Minggu (17/3/2024). ANTARA/HO-Bali United

Namun seiring berjalannya waktu, pada Maret 2024, Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, menghapus aturan itu demi mendukung perjuangan Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23.

Baca Juga: Alasan Thomas Doll Berpisah dengan Persija Jakarta

Saat ini, aturan yang sama kembali diterapkan demi memberikan jam terbang kepada pemain U23 untuk memberikan kontribusi bagi klub.

Ada pun pemain muda dari klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu yakni Kadek Arel, Made Tito, Rahmat Arjuna dan Gede Sunu menjadi andalan dalam formasi sebelas pertama.

Bahkan kehadiran para talenta muda di lapangan hijau itu turut membantu dalam menjaga pertahanan, memberikan umpan dan gol bagi Serdadu Tridatu.

Selain itu, musim kompetisi 2024/2025 juga menerapkan tambahan delapan pemain asing dengan skema enam pemain asing dari negara bebas dan dua dari Asia atau 6+2.

Dari skema itu, 5+1 pemain asing masuk 11 pemain inti di lapangan, sedangkan sisanya di bangku cadangan.

Baca Juga: Thomas Doll Umumkan Berpisah dengan Persija Jakarta

Dengan delapan pemain asing itu, klub dengan julukan Serdadu Tridatu masih perlu mencari lima pemain asing baru yang akan duduk bersama pemain asing yang masih bertahan.

Tiga pemain asing yang masih berseragam merah, hitam, putih itu yakni Privat Mbarga yang berkewarganegaraan Kamboja, Elias Dolah dari Thailand dan Adilson Maringa yang berasal dari Brasil.

Sebelumnya, ada delapan pemain andalan klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar itu hengkang karena tidak memperpanjang kontrak.

Delapan pemain yang keluar itu yakni Muhammad Ridho, Fadil, Ramdani Lestaluhu, Jajang Mulyana, Haudi Abdillah, dan tiga pemain asing yakni Mohammed Rashid, Jefferson Assis serta Eber Bessa.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #stefano #cugurra #sambut #positif #aturan #baru #pemain #liga

KOMENTAR