Torino FC
Arsip - Penyerang Torino Marco Pjaca dari Kroasia (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol dalam laga lanjutan Liga Italia antara Torino vs Lazio pada 23 September 2021 di stadion Grande Torino di Turin. MARCO BERTORELLO / AFP.
16:06
13 Juni 2024

Torino FC

Torino merupakan klub sepak bola Italia yang bermain di kasta tertinggi kompetisi Negeri Pizza yaitu Serie A. Klub ini punya sejarah panjang dan pasang surut dalam perjalanannya.

Klub ini belakangan jadi perbincangan netizen Indonesia karena muncul rumor bahwa mereka tertarik mendatangkan bek Timnas Indonesia, Jay Idzes.

Munculnya rumor ini karena pelatih Torino sebelumnya, Ivan Juric, dikabarkan tidak akan memperpanjang kontraknya yang habis pada 30 Juni 2024.

Salah satu kandidat penggantinya disebut adalah pelatih Venezia, Paolo Vanoli. Ia sukses membawa Venezia promosi ke Serie A 2024/25.

Baca Juga: Ada Isu Jay Idzes Bakal Dibajak ke Klub Italia Torino, Begini Ceritanya

Jay Idzes merupakan salah satu pemain Venezia yang selalu diandalkan oleh Vanili dalam kesuksesan mereka promosi. Sehingga muncul rumor kalau Vanoli akan ikut memboyong Idzes jika hengkang ke Torino.

Sejarah Torino

Cikal bakal klub ini sudah muncul sejak akhir abad 19 di Kota Turin, kota yang sama tempat berdirinya klub raksasa Italia, Juventus.

Torino juga menjadi salah satu klub yang turut andil dalam membentuk Serie A. Torino kemudian resmi berdiri pada 3 Desember 1906 oleh sekelompok 23 orang yang dipimpin Alfredo Dick.

Pertandingan resmi pertama Torino hadir pada 16 Desember 1906 dan derbi pertama dengan rival sekota Juventus hadir pada 13 Januari 1907.

Baca Juga: Naik Level, Jay Idzes Diincar Klub Serie A yang Sudah 7 Kali Juara

Pada kompetisi pertama Serie A di tahun 1907, Torino mengalahkan Juventus untuk menjadi runner-up di belakang AC Milan.

Sempat mengalami masa-masa sulit akibat Perang Dunia I, Torino meraih gelar Scudetto pertama mereka di musim 1927/1928.

Era kejayaan dalam sejarah mereka tiba antara 1942/43 dan 1948/49, ketika tim yang saat ini dikenal dengan ‘Il Grande Torino’ yang setara dengan ‘Quinquennio’ milik Bianconeri yang memenangkan lima scudetto beruntun.

Degradasi

Namun setelah era kejayaan muncul tragedi, seluruh pemain yang tergabung dengan tim ‘Il Grande Torino’ tewas dalam kecelakaan pesawat di bu

Setelah waktu-waktu yang sulit dan dipengaruhi oleh trauma besar pasca kecelakaan pesawat, Torino akhirnya terdegradasi ke Serie B pada 1958/59.

Tapi Torino langsung bisa promosi ke Serie A semusim berikutnya. Di masa-masa itu, Torino mencoba bangkit dan meraih era keemasan dengan scudetto lainnya pada 1975/76.

Torino sempat kembali terdegradasi ke Serie B pada akhir musim 1988/89. Namun, lagi-lagi hanya satu musim berikutnya mereka mampu promosi ke Serie A.

Laju apik mereka terus berlanjut ke kompetisi Eropa dengan menjadi runner-up UEFA Cup (sekarang Liga Champions) 1991/92 usai kalah gol tandang dari Ajax Amsterdam.

Kebangkrutan Torino

Usai laju apik selama bertahun-tahun itu, Torino mulai mengalami masalah finansial sejak pertengahan 1990-an. Mereka berganti-ganti presiden dan jajaran manajerial.

Pada tahun 2005, FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) akhirnya mengeliminasi Torino dari seluruh kompetisi karena masalah finansial.

Torino pun harus turun ke Serie B dalam upaya mereka membangun lagi klub hingga berganti nama baru menjadi Torino F.C.

Namun, mereka mampu kembali ke Serie A pada musim 2006/07. Sempat terdegradasi lagi ke Serie B selama tiga musim (2009/10-2011/12), Torino kembali ke Serie A dan bertahan hingga sekarang.

Mereka pun kembali bermain di Liga Europa pada musim 2014/15 yang menjadi penampilan pertama mereka di kompetisi Eropa sejak 1994.

Stadion

Torino memainkan laga kandang mereka di Stadion Olimpico Turin (Olimpico Grande Torino), arena yang menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan Olimpiade musim dingin 200 dan kemudian menjadi stadion sepak bola setelah laga tersebut berakhir.

Dibangun di masa Benito Mussolini pada 1932 dan awalnya di beri nama sebagai penghormatan terhadap Il Duce, arena tersebut kemudian disebut Stadio Communale sebelum direnovasi.

Arena dengan kapasitas 27,900 tersebut menjadi salah satu stadion yang digunakan pada Piala Dunia 1934, dan juga menjadi kandang Torino dan Juventus dari tahun 50an hingga 1989, ketika Bianconeri kemudian pindah ke Stadio delle Alpi (dan kini Juventus Stadium).

Prestasi Torino:

7x Juara Serie A

5x Juara Coppa Italia

3x Juara Serie B

1x Juara Mitropa Cup.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #torino

KOMENTAR