Toni Kroos Bongkar Alasan Setuju Kembali Perkuat Timnas Jerman di Euro 2024
Gelandang sentral Timnas Jerman, Toni Kroos. [Christof STACHE / AFP]
18:54
12 Juni 2024

Toni Kroos Bongkar Alasan Setuju Kembali Perkuat Timnas Jerman di Euro 2024

Gelandang veteran Real Madrid, Toni Kroos, telah menggemparkan dunia sepak bola dengan keputusannya untuk kembali memperkuat Timnas Jerman di Euro 2024. Keputusan ini menandai kembalinya Kroos ke tim nasional setelah pensiun dini pasca Euro 2020.

Kroos, yang dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya, mengungkapkan alasan utama setuju untuk kembali dari masa pensiun dari tim nasional.

Dia mengakui memiliki ambisi besar untuk membawa Jerman meraih gelar juara di turnamen yang akan diadakan di kandang sendiri itu.

Keinginan ini didorong oleh kegagalan Jerman di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022, di mana mereka tersingkir di masing-masing di babak 16 besar dan fase grup.

Baca Juga: Frenkie de Jong Dipastikan Tak Bisa Bela Timnas Belanda di Euro 2024

“Akhir itu akan sedikit terlalu murahan, dengan Liga Champions dan Kejuaraan Eropa (Euro 2024), tapi saya akan menerimanya,” kata Kroos perihal keputusan kembali memperkuat Jerman dikutip dari BBC, Rabu (12/6/2024).

Toni Kroos dan Marco Reus saat memperkuat Timnas Jerman. Kedua pemain akan menjadi lawan saat Borussia Dortmund menghadapi Real Madrid di final Liga Champions malam ini, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]Toni Kroos dan Marco Reus saat memperkuat Timnas Jerman. Kedua pemain akan menjadi lawan saat Borussia Dortmund menghadapi Real Madrid di final Liga Champions malam ini, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]

“Itu berjalan seiring dengan keputusan untuk kembali."

“Saya masih ingin sukses dan ingin menjuarai turnamen musim panas ini. Itu cukup jelas."

“Jika saya tidak merasa ide ini – atau fantasi ini – mungkin terjadi, maka saya tidak akan kembali, karena yang terpenting adalah memenangkan kompetisi apa pun yang saya ikuti.”

Kroos akan pensiun dari karir cemerlangnya setelah Piala Eropa di negaranya sendiri musim panas ini, yang akan dibuka ketika Jerman menghadapi Skotlandia di Munich pada Sabtu (15/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Superstar Utama, Timnas Inggris Digaransi Takkan Bellingham Sentris di Euro 2024

Pemenang Piala Dunia 2014 ini memulai karir seniornya di Bayern Munich sebelum pindah ke Real Madrid dan mengangkat gelar Liga Champions keenam setelah raksasa Spanyol itu mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 awal bulan ini.

Dia menjauh dari sepak bola internasional setelah Jerman tersingkir di babak 16 besar dari Inggris di Euro 2020, tetapi kini siap kembali karena meyakini Der Panzer punya peluang untuk menjuarai Euro 2024 di rumah sendiri.

Kroos, yang telah mengoleksi 106 penampilan dan 17 gol dan 21 assist untuk timnas Jerman, akan menjadi aset berharga bagi tim asuhan Julian Nagelsmann.

Pengalaman dan visinya di lini tengah akan sangat membantu Jerman dalam menghadapi tim-tim kuat lainnya di Euro 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #toni #kroos #bongkar #alasan #setuju #kembali #perkuat #timnas #jerman #euro #2024

KOMENTAR