Dipecundangi Irak di Depan Puluhan Ribu Suporter di SUGBK, Kapten Timnas Indonesia Minta Maaf
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (kanan) beraksi pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
20:36
6 Juni 2024

Dipecundangi Irak di Depan Puluhan Ribu Suporter di SUGBK, Kapten Timnas Indonesia Minta Maaf

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, atas nama tim meminta maaf kepada suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta setelah skuad Garuda kalah dari Irak.

Bermain kandang dalam laga matchday 5 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Kamis (6/6/2024), Timnas Indonesia takluk dua gol tanpa balas.

Adapun dua gol Irak dicetak oleh Aymen Hussein pada menit ke-54 dari titik putih dan Ali Jassim lewat open play (88') memanfaatkan blunder kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari.

Timnas Indonesia senior sendiri harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-59 usai kapten tim pengganti Asnawi Mangkualam, Jordi Amat diusir wasit karena kartu merah langsung.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tunduk Lawan Irak, Asnawi Mangkualam Vokal Keluhkan Lapangan Jelek SUGBK

SUGBK hampir penuh oleh suporter pada pertandingan ini. Dari data yang ada, sekitar 60 ribu penonton datang nonton langsung di stadion kebanggaan Indonesia ini.

Tentu saja suporter berharap Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bisa memenangi pertandingan melawan Irak. Namun, kenyataan berkata lain.

Dari kesalahan-kesalahan sendiri, skuad Garuda harus rela tumbang dengan skor 0-2.

"Saya mewakili seluruh pemain memohon maaf kepada suporter dan fans karena hasil ini tidak memuaskan," kata Asnawi, yang turun dari bangku cadangan pada pertandingan ini, dalam konferensi pers pasca laga, Kamis (6/6/2024) malam.

Asnawi sendiri optimistis kans Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia masih terbuka. Bek sayap klub Thailand, Port FC itu berjanji skuad Garuda akan habis-habisan.

Baca Juga: 4 'Dosa' Jordi Amat Bersama Timnas Indonesia, Terbaru Diganjar Kartu Merah Lawan Irak

Berikutnya, Timnas Indonesia memang akan menjamu Filipina di SUGBK untuk matchday pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Pertandingan akan dihelat 11 Juni 2024.

"Tentunya kita masih ada satu kans melaju ke round ketiga. Di tanggal 11 (Juni) nanti kita akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan poin agar kita bisa melaju ke babak berikutnya," janji Asnawi.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #dipecundangi #irak #depan #puluhan #ribu #suporter #sugbk #kapten #timnas #indonesia #minta #maaf

KOMENTAR