Pertahanan Irak Sekokoh Batu Karang, Baru Timnas Indonesia yang Bisa Bobol
Timnas Irak tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Ted ALJIBE / AFP]
19:42
5 Juni 2024

Pertahanan Irak Sekokoh Batu Karang, Baru Timnas Indonesia yang Bisa Bobol

Timnas Irak, calon lawan terdekat Timnas Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, punya pertahanan yang kokoh layaknya batu karang. Menariknya, baru Timnas Indonesia yang bisa membobol solidnya pertahanan Irak.

Di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, dari empat matchday yang telah berlalu, Timnas Irak telah mencatatkan tiga clean sheet.

Tak ayal, tim berjuluk Singa Mesopotamia ini mantap memuncaki klasemen dengan poin sempurna 12, serta telah memastikan kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Irak total telah memasukkan 12 gol, serta baru kemasukan sebiji gol. Itu terjadi pada matchday 1 Grup F pada November 2023 lalu, dengan Timnas Indonesia yang berhasil membobol gawang Irak.

Baca Juga: Andai Lolos ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Bakal Berkandang di Surabaya

Saat itu, gol Shayne Pattynama di akhir-akhir babak pertama sempat membuka harapan Timnas Indonesia dengan memperkecil ketinggalan jadi 1-2.

Shayne Pattynama di laga melawan Australia pada turnamen Piala Asia 2023 (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. (dok. PSSI)

Namun, Timnas Indonesia saat itu akhirnya menyerah dengan skor telak 1-5 pada laga yang dihelat di kandang Irak di Stadion Internasional Basra.

Dalam tiga pertandingan setelahnya, Irak mampu menang dengan catatan clean sheet. Irak menang 1-0 atas Vietnam, lalu menang 1-0 dan 5-0 atas Filipina.

Terdekat, Timnas Indonesia akan gantian menjamu Irak pada matchday 5 Grup F yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024) besok pukul 16:00 WIB. 

Lima hari setelahnya, skuad Garuda akan menerima lawatan Filipina di SUGBK untuk pertandingan matchday pamungkas Grup F.

Baca Juga: Penjagaan Timnas Indonesia Kian Diperketat Gara-gara Fenomena 'Cegil Fomo', Erick Thohir Minta Maaf

Timnas Indonesia cuma butuh satu kemenangan lagi dari dua laga tersisa ini untuk menyegel tiket lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, menemani Irak dari Grup F.

Saat ini, Irak memuncaki klasemen grup dengan poin 12. Lalu ada Timnas Indonesia di peringkat kedua klasemen sementara dengan 7 poin, disusul Vietnam (3) serta Filipina (1).

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pertahanan #irak #sekokoh #batu #karang #baru #timnas #indonesia #yang #bisa #bobol

KOMENTAR