2 Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Irak, Skuad Garuda di Ambang Cetak Sejarah
Para pemain Timnas Indonesia senior. (pssi.org)
21:54
4 Juni 2024

2 Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Irak, Skuad Garuda di Ambang Cetak Sejarah

Timnas Indonesia siap meladeni lawatan Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore. Berikut dua fakta menarik laga ini.

Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang pada dua matchday tersisa Grup F ini. Setelah meladeni Irak, skuad Garuda senior akan menjamu Filipina di venue yang sama pada 11 Juni nanti. 

Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup F dengan 7 poin dari empat pertandingan, sedangkan Irak memimpin klasemen dengan 12 poin dan sudah memastikan kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia butuh satu kemenangan lagi dua laga tersisa untuk mencetak sejarah, untuk pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Sadar dengan Kekuatan 'Pemain ke-12' Timnas Indonesia, Irak Sampai Siapkan Strategi Jitu

Pada pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia kalah 1-5 saat tandang ke markas Irak di Basra Internastional Stadium pada matchday pertama Grup F.

Jelang duel Timnas Indonesia vs Irak ini, ada dua fakta menarik yang perlu diperhatikan.

1. Catatan Buruk Timnas Indonesia

Dalam catatan head to head, Timnas Indonesia dan Irak telah berhadapan sebanyak 13 kali dalam berbagai ajang. Irak superior dengan torehan delapan kemenangan, sementara Timnas Indonesia tercatat hanya mampu menang dua kali.

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Irak bahkan terjadi 23 tahun silam, sedangkan kekalahan terbesar skuad Garuda senior terjadi pada tahun lalu, yakni kekalahan dengan skor 1-5 tersebut.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Usai Lawan Tanzania, Agenda Penting Menanti

2. Jika Menang, Lolos!

Timnas Indonesia hanya perlu satu kemenangan dari dua laga tersisa Grup F untuk mengamankan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia serta mengamankan posisi runner-up Grup F dengan 10 poin.

Vietnam, yang saat ini menempati posisi ketiga, tidak bisa mengejar Timnas Indonesia lagi di klasemen karena sudah kalah dalam aspek head to head.

Vietnam kini memiliki 4 poin dari empat pertandingan. Setelah menghadapi Irak, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina di SUGBK pada 11 Juni 2024.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #fakta #menarik #timnas #indonesia #irak #skuad #garuda #ambang #cetak #sejarah

KOMENTAR