Skuad Inggris Bertabur Bintang, Gareth Southgate Akui Pusing Pilih Starting XI untuk Euro 2024
Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate berbicara pada ofisial pertandingan pada laga uji coba kontra Bosnia di Stadion St James' Park, Newcastle, Inggris, Selasa (4/6/2024) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]
16:24
4 Juni 2024

Skuad Inggris Bertabur Bintang, Gareth Southgate Akui Pusing Pilih Starting XI untuk Euro 2024

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate mengaku bakal pusing untuk memilih starting XI timnya di Euro 2024 nanti. Skuad The Three Lions memang bertabur bintang.

Timnas Inggris menang telak atas tamunya, Bosnia dalam laga uji coba internasional sebagai persiapan terjun di Euro 2024. Bermain di Stadion St. James' Park, Newcastle, Selasa (4/6/2024) dini hari WIB, The Three Lions menang 3-0.

Gareth Southgate merasa senang dengan beberapa pemain baru yang tampil solid dalam laga Inggris melawan Bosnia, namun di sisi lain, pelatih berusia 53 tahun itu akan mengalami kesulitan dalam pemilihan pemain saat turnamen akbar Euro 2024 digelar di Jerman nanti.

Usai tanpa gol di babak pertama, Timnas Inggris berhasil memecah kebuntuan lewat eksekusi Cole Palmer pada menit ke-60.

Baca Juga: Timnas Spanyol Umumkan Skuad Sementara untuk Euro 2024, Berikut Daftarnya

Kemudian Trent Alexander-Arnold menggandakan keunggulan Inggris atas Bosnia pada menit ke-85, sebelum gol Harry Kane (89') memastikan kemenangan telak tuan rumah.

Dengan beberapa pemain kunci yang absen karena cedera, Southgate menggunakan kesempatan ini untuk memberikan beberapa pemain yang kurang berpengalaman untuk mendapatkan menit bermain yang berharga jelang Euro 2024.

Para pemain Timnas Inggris pada laga uji coba kontra Bosnia di Stadion St James' Park, Newcastle, Inggris, Selasa (4/6/2024) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]Para pemain Timnas Inggris pada laga uji coba kontra Bosnia di Stadion St James' Park, Newcastle, Inggris, Selasa (4/6/2024) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

"Kami memiliki banyak pemain baru yang bermain di laga ini," kata Southgate seperti dilansir BBC Sport, Selasa.

"Begitu Anda memecah kebuntuan itu, maka kemenangan akan mulai datang. Banyak pemain yang tidak memiliki banyak caps yang turun sebagai starter, jadi itu akan menjadi awal yang sulit," sambung eks pelatih Middlesbrough itu.

"Tapi, saya tahu betul kapabilitas para pemain ini. Mereka punya kualitas mumpuni. Saya akan pusing memilih starting XI di Euro nanti, tapi ini adalah problem yang bagus.

Baca Juga: Top Skor Sepanjang Masa Prancis, Olivier Giroud Pensiun dari Timnas Pasca Euro 2024

Southgate kini dihadapkan dengan situsai pelik di mana ia masih harus mengerucutkan skuad sementara Inggris yang terdiri dari 33 pemain menjadi skuad akhir untuk Euro 2024 nanti yang berisikan 26 pemain. Pengumuman akan dilakukan pada akhir pekan ini.

"Ini adalah keputusan yang kami pahami betapa pentingnya bagi semua pemain dan oleh karena itu, kami memberikan rasa hormat dan pertimbangan yang layak untuk membuat keputusan yang adil dan tepat,” ucap Southgate.

"Pasti pusing untuk memilih, namun itu adalah hal yang bagus. Saya lebih suka penampilan yang bagus daripada penampilan yang buruk."

"Kemenangan dan clean sheet (lawan Bosnia) adalah kebiasaan yang baik untuk dimiliki."

The Three Lions akan menjamu Islandia pada laga uji coba terakhir di Wembley, London pada hari Jumat nanti, sebelum pasukan Southgate terbang ke Jerman untuk memulai kampanye Grup C Euro 2024 mereka melawan Serbia pada tanggal 16 Juni.

"Hal yang bagus adalah kami telah melewati beberapa hari terakhir tanpa masalah baru. Hal tersebut sangatlah penting," pungkas Southgate.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #skuad #inggris #bertabur #bintang #gareth #southgate #akui #pusing #pilih #starting #untuk #euro #2024

KOMENTAR