Skenario Timnas Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal ASEAN Cup 2024
Suasana laga Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022) petang WIB. [Tang Chhin Sothy / AFP]
15:24
23 Mei 2024

Skenario Timnas Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal ASEAN Cup 2024

Ada sejumlah skenario yang bisa mempertemukan Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia pada babak semifinal ASEAN Cup 2024 alias Piala AFF 2024 karena keduanya tergabung di grup yang berbeda.

Berdasarkan hasil drawing alias undian grup Piala AFF 2024 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (21/5/2024), Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia harus bersaing di grup yang berbeda.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara itu, di Grup A, Malaysia akan bersaing melawan Thailand, Singapura, Kamboja, dan pemenang play-off antara Timor Leste melawan Brunei Darussalam.

Situasi ini memang membuka peluang bagi dua negara serumpun ini untuk saling sikut di babak semifinal. Setidaknya, ada sejumlah skenario yang bisa diupayakan untuk merealisasikan partai sarat gengsi tersebut.

Baca Juga:Egy Maulana Vikri Bulan Madu Jelang Bela Timnas Indonesia, Bisa Gacor Lawan Irak dan Filipina

Skenario pertama ialah Timnas Malaysia keluar sebagai juara Grup A. Dengan kata lain, mereka harus bisa menaklukkan salah satu pesaing terberatnya, Thailand, di fase penyisihan untuk mengamankan puncak klasemen.

Di saat yang bersamaan, Timnas Indonesia harus mengamankan posisi runner-up Grup B apabila ingin berjumpa skuad Harimau Malaya. Skenario ini memang mudah diwujudkan karena menduduki peringkat kedua tak akan sulit bagi skuad Garuda.

Namun, skenario yang lebih masuk akal ialah dengan memunculkan Harimau Malaya sebagai runner-up Grup A. Pasalnya, mereka bakal kesulitan bersaing melawan Thailand yang berstatus sebagai jawara bertahan.

Selama beberapa tahun terakhir, skuad Gajah Perang menjadi kekuatan terbesar di Asia Tenggara. Mereka juga sukses menjuarai dua edisi terakhir Piala AFF, yakni pada edisi 2020 dan 2022.

Dengan skenario ini, skuad Merah Putih wajib mengamankan posisi puncak klasemen Grup A. Artinya, mereka harus bisa mengatasi perlawanan Vietnam yang menjadi pesaing terberatnya di grup ini.

Baca Juga:Media Internasional Minta Timnas Indonesia Siap-siap Vietnam Bakal Balas Dendam di ASEAN CUP 2024

Sebetulnya, merebut puncak klasemen Grup A tidaklah sulit bagi anak asuh Shin Tae-yong. Apalagi, lawan-lawan yang dihadapi secara hitung-hitungan bisa ditaklukkan oleh Timnas Indonesia.

Termasuk Vietnam yang berhasil dijinakkan skuad Garuda dalam tiga pertemuan terakhirnya, baik itu di ajang Piala Asia 2023 maupun pada Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Apabila Timnas Indonesia dan Malaysia bisa berjumpa di Piala AFF 2024, ini akan menjadi salah satu partai paling menarik. Pasalnya, kedua tim terikat sejarah rivalitas yang panjang di dunia sepak bola.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #skenario #timnas #indonesia #jumpa #malaysia #semifinal #asean #2024

KOMENTAR