Pelatih Baru Vietnam Puji Timnas Indonesia Jelang ASEAN Cup 2024
Pelatih Timnas Vietnam, Kim Sang-sik. (Dok. Zingnews)
00:54
23 Mei 2024

Pelatih Baru Vietnam Puji Timnas Indonesia Jelang ASEAN Cup 2024

Pelatih baru Vietnam, Kim Sang-sik, memberikan pujian terhadap kemajuan Timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2024 alias ASEAN Cup 2024.

Kim Sang-sik akan memimpin Vietnam di Piala AFF 2023, tergabung di Grup B bersama Timnas Indonesia, Filipina, Myanmar dan Laos.

Sensasi Piala AFF 2024 atau saat ini bernama ASEAN Cup 2024 sudah dirasakan Kim Sang-sik tepat setelah undian fase grup berakhir.

Sementara Grup A berisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam melawan Timor Leste.

Baca Juga:Filipina Anggap Hasil Drawing Piala AFF 2024 Sangat Menguntungkan

Vietnam dan Indonesia akan jadi laga paling menarik perhatian di ajang ini, sekaligus pertemuan pertama kawan lama, Shin Tae-yong dan Kim Sang-sik.

Sebelumnya Vietnam selalu menelan kekalahan dalam tiga laga melawan Timnas Indonesia saat masih ditukangi Philippe Troussier.

Mulai dari fase grup Piala Asia 2023 dan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebelumnya, karena itu publik Vietnam berharap banyak.

Kim Sang-sik pun antusias menantikan laga melawan Timnas Indonesia. Ia mengakui Timnas Indonesia sedang berkembang, tetapi meyakini Vietnam juga tidak akan kalah jika punya persiapan yang baik.

"Drawing fase grup baru saja berakhir, tetapi saya sudah bisa merasakan sensasi persaingan panas turnamen ini," ucap Kim Sang-sik.

Baca Juga:Media Vietnam Sebut Indonesia Alami Kerugian Segrup Bareng Timnasnya di Piala AFF 2024

"Kita akan bertemu Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos di Grup B. Timnas Indonesia sedang dalam performa terbaik," lanjuutnya.

"Namun, jika Vietnam mempersiapkan diri dengan matang, kami bbisa meraih hasil bagus melawan mereka," imbuhnya.

Kim Sang-sik tak menatap remeh Piala AFF, sebagai turnamen yang besar di kawasan ASEAN yang tidak mudah untuk dimenangkan.

Saat ini Asia Tenggara dinilai memiliki tim-tim yang kuat, karena itulah Vietnam harus mempersiapkan diri dengan baik.

Selain agar bisa mengalahkan Timnas Indonesia, juga untuk mencapai target, yakni mencapai partai final dan keluar sebagai juara.

"Kejuaraan ASEAN, seperti turnamen besar lainnya, tidak mudah untuk dimenangkan," ujar Kim Sang-sik.

"Asia Tenggara memiliki banyak tim yang kuat. Saya yakin jika mereka mempersiapkan diri dengan baik, tim Vietnam akan mencapai tujuan mereka," imbuhnya.

Sebelum itu, fokus Kim Sang-sik akan lebih dulu dicurahkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina dan Irak.

Menjamu Filipina di Hanoi dan bertamu ke Basra, markas Irak, dalam dua laga sisa yang sebenarnya tak berpengaruh banyak terhadap nasib Vietnam.

Vietnam berpotensi besar gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan kehilangan satu tiket otomatis ke Piala Asia 2027.

"Sebelum bentrok di Kejuaraan ASEAN 2024, kita akan bertemu Filipina di babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2026 pada bulan Juni," kata Kim Sang-sik.

"Mereka baru-baru ini melakukan naturalisasi banyak pemain, tapi saya tidak yakin apakah mereka bisa bermain dengan baik. Tim Vietnam harus mempersiapkan diri sebaik mungkin," imbuhnya.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pelatih #baru #vietnam #puji #timnas #indonesia #jelang #asean #2024

KOMENTAR