Atlet Sepeda Indonesia Diyakini Bisa Kembali Buat Kejutan
CEO City Mountain Bike Kristoff Bruyneel. (Istimewa)
08:20
19 Mei 2024

Atlet Sepeda Indonesia Diyakini Bisa Kembali Buat Kejutan

 

–Tim Indonesia berencana menurunkan delapan pesepeda pada gelaran Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator Word Cup 2024 seri ke-3. Lomba berlangsung di Sirkuit SG 1973 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (19/5).

Ade Agung Diantara, salah seorang pesepeda yang tampil menuturkan, dari delapan yang tampil, tujuh di antaranya atlet putra. Sedangkan, Dara Latifah yang pada musim lalu sukses naik podium dengan meraih perak tidak tampil lantaran mengalami cedera.

”Dara Latifah sekarang alami cedera, jadi dia belum bisa berpartisipasi di Eliminator World Cup,” kata Ade Agung Diantara.

Menurut dia, persaingan tambah keras. Masing-masing atlet terus berlatih dan mengasah diri dari kegagalan sebelumnya.

”Saya pikir semakin ke depan lawan pasti semakin kuat. Kita dari Indonesia juga berusaha untuk menjadi yang terbaik dengan terus berlatih,” tutur Ade Agung Diantara.

Ade sudah mengikuti event itu pada edisi 2022. Dia sudah memiliki evaluasi khusus di edisi kali ini.

”Dari 2022 pengalaman yang saya ambil terutama dari sepeda. Kemarin itu handling sepedanya kurang pas,” ujar Ade Agung Diantara.

”Saya mempelajari pelan-pelan untuk trek dan mencobanya sampai enak melewati lintasan itu,” imbuh dia.

Dia merasa tidak ada jalur di track yang berbeda dari sebelumnya. Hanya ada satu bagian yang dekat garis finish jalannya lebih menyempit. Butuh fokus agar lebih aman.

Sementara itu, Vara Sefti mengaku bisa tampil pada event itu seperti mendadak. Lantaran dadakan, Vara baru lima kali berlatih.

”Saya ditelepon pelatih untuk tampil di event ini. Alhamdulillah tidak menyangka bisa ikut di event ini,” kata Vara Sefti, atlet dari Sumatera Selatan itu.

Ya, target terbaik dicanangkan Vara Sefti. Sebab, dari event itu, dia ingin tembus ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) MTB Indonesia.

CEO City Mountain Bike Kristoff Bruyneel senang bisa kembali ke Palangkaraya.  ”Saya benar-benar mengucapkan selamat kepada semua tim yang membangun lintasan. Sebab, lintasannya sungguh luar biasa,” ujar Kristoff Bruyneel.

Menurut dia, semua modifikasi yang diminta berjalan baik. Hanya ada sedikit modifikasi di trek.

”Pembalap akan balapan di salah satu trek terbaik di dunia, jadi menurut saya tim pembuat lintasan melakukan pekerjaan dengan sangat baik,” papar Kristoff Bruyneel.

Disinggung soal peluang pembalap lokal, dia menilai pembalap dari Indonesia akan kembali mencuri perhatian.

”Minggu lalu, kami menyaksikan kejuaraan Asia. Kami melihat beberapa penampilan yang sangat kuat dari para pembalap yang ada di sini,” ucap Kristoff Bruyneel.

Dia merasa akan ada pertarungan yang sengit. Terlebih, juara dari Australia dan Amerika Selatan juga bakal tampil.

”Dengan begitu ada banyak sekali sang juara di garis start. Jadi saya pikir untuk Palangkaraya akan menjadi balapan yang sangat sulit,” ucap Kristoff Bruyneel.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #atlet #sepeda #indonesia #diyakini #bisa #kembali #buat #kejutan

KOMENTAR