Sebelum Ditolak Como, Thom Haye Sudah Lebih Dulu Bawa Tim Italia ke Serie A
Gelandang timnas Indonesia, Thom Haye melakukan selebrasi usai mencetak gol penyama kedudukan untuk SC Heerenveen saat menghadapi FC Twente dalam lanjutan Eredivisie 2023-2024, Kamis (4/4/2024). [Dok. SC Heerenveen]
18:54
16 Mei 2024

Sebelum Ditolak Como, Thom Haye Sudah Lebih Dulu Bawa Tim Italia ke Serie A

Nama Thom Haye belakangan jadi perbincangan luas setelah perwakilan Como 1907 secara terang-terangan tak berminat merekrutnya dengan alasan kualitas.

Ya, Como 1907 yang merupakan klub milik konglomerat Indonesia Bambang dan Michael Hartono dari Djarum Group, menegaskan tak minat dengan Thom Haye.

Gelandang 29 tahun itu saat ini berstatus agen bebas setelah kontraknya bersama SC Heerenveen rampung pada Juni 2024 ini.

Artinya, klub peminat bisa memboyong pemain Timnas Indonesia itu tanpa mengeluarkan sepeser uang pun. Namun, Como yang baru promosi ke Serie A, nyatanya tidak tertarik.

Warganet Indonesia sempat tersulut emosi dengan pernyataan perwakilan Como, Mirwan Suwarso yang menyebut Thom Haye kurang layak untuk membela timnya. Andai pun direkrut, Thom disebut hanya akan jadi pemain pelapis.

"Tidak mungkin (rekrut Thom Haye). Kami sudah melihat dia dan tidak memenuhi standar untuk mengangkat (tim). Jadi pelapis mungkin bisa, tapi pelapis ketiga," kata Mirwan dikutip dari Instagram @nusantara.ballers.

Thom Haye saat berseragam Lecce. (Instagram/@thomhaye)Thom Haye saat berseragam Lecce. (Instagram/@thomhaye)

Terlepas dari hal itu, Thom Haye sejatinya bukan kali pertama dihubungkan dengan tim asal Italia. Bahkan, pada 2019, dia pernah memperkuat salah satu klub Negeri Pizza yakni Lecce.

Menyitat Transfermarkt, Haye bergabung dengan Lecce pada 2 Juli 2018 dengan status free transfer setelah meninggalkan Willem II.

Haye tercatat membela Lecce hingga 2 September 2019. Dalam periode itu, Haye membantu Lecce promosi dari ke Serie A dengan membawa klub tersebut finis kedua di akhir klasemen Serie B 2018-2019.

Thom Haye merupakan idola baru bagi fans Indonesia setelah dirinya menjalani debut bersama skuad Garuda pada 26 Maret 2024 lalu.

Dalam debutnya, Haye membantu Timnas Indonesia menang 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dalam laga keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sebelum #ditolak #como #thom #haye #sudah #lebih #dulu #bawa #italia #serie

KOMENTAR