Profil Dion Markx, Pemain Setinggi 187 Sentimeter yang Ingin Bela Timnas Indonesia
Dion Markx Pemain Wong Kito Galo yang Jadi Andalan Pelatih Berdarah Maluku di Liga Belanda (Instagram)
15:06
14 Mei 2024

Profil Dion Markx, Pemain Setinggi 187 Sentimeter yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Bek tengah kelahiran Belanda, Dion Markx, memiliki keinginan yang sangat kuat untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti. Pemain ini punya postur yang mencapai 187 cm meski berusia muda.

Dion Markx mengakui punya ketertarikan untuk membela Timnas Indonesia. Menurut pemain berusia 18 tahun tersebut, membela skuad Merah Putih adalah cita-cita besar yang ingin diwujudkannya

“Iya tentu saja saya sangat tertarik (membela Timnas Indonesia). Itu (membela Timnas Indonesia) adalah cita-cita saya, semoga dapat terwujud,” kata Dion Markx, seperti dikutip dari YouTube Yussa Nugraha, Senin (13/5/2024).

Dion Markx pun berjanji memberikan sesuatu yang besar jika bisa mendapatkan kesempatan memperkuat Timnas Indonesia. “Saya berharap bisa memberikan sesuatu yang indah bagi Indonesia,” lanjut bek berusia 18 tahun ini.

Profil Dion Markx

Sebagai informasi, Dion Markx merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang telah ditemui pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, saat terbang ke Belanda untuk blusukan mencari pemain keturunan.

Ketika itu, Indra Sjafri menemui lima pemain keturunan. Selain Dion Markx, ada pula Sebut saja Jens Raven (FC Dordrecht U-21), Kaya Symons (Vitesse Arnhem U-21), Xavi Woudstra (SC Heerenveen U-21), dan Mauresmo Hinoke (FC Dordrecht U-21).

Dion Markx sendiri saat ini tercatat memperkuat NEC Nijmegen U-21. Pemain kelahiran Belanda, pada 29 April 2005, itu sudah pernah menimba ilmu bersama beberapa klub di Belanda.

Awalnya, dia berlatih bersama SV Spero hingga 2014. Setelah itu, dia bergabung bersama akademi Vitesse pada periode 2014-2021. Kiprah itu akhirnya berlanjut bersama akademi NEC Nijmegen pada 2021.

Pada mulanya, pemain berpostur 187 cm ini bermain untuk skuad NEC U-17. Setelah itu, perlahan-lahan Dion Markx naik level memperkuat tim U-18 pada 2022-2023 dan saat ini bermain untuk tim U-21.

Selama semusim ini, Dion Markx sudah memainkan total 23 pertandingan di semua ajang. Dari semua aksinya itu, pemain berusia 18 tahun ini berhasil menyumbangkan satu gol untuk NEC U-21.

Menit bermain yang diukir bek tengah ini juga terhitung melimpah. Sebab, dia mampu mencatatkan 1.852 menit bermain dari 23 pertandingan di semua ajang.

Hadirnya Dion Markx tentu bakal memberikan angin segar bagi Timnas Indonesia U-18. Sebab, skuad Garuda Nusantara membutuhkan tambahan kekuatan pemain naturalisasi untuk menghadapi tantangan-tantangan di depan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #dion #markx #pemain #setinggi #sentimeter #yang #ingin #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR