Masuk Pot 2 Piala AFF 2024, Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka?
Skuat timnas Indonesia saat hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
14:24
13 Mei 2024

Masuk Pot 2 Piala AFF 2024, Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka?

Timnas Indonesia dipastikan tergabung di pot dua dalam babak undian grup Piala AFF 2024. Situasi ini bisa saja menempatkan skuad Merah Putih di grup neraka bersama lawan yang ketat.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh @theaseanball, Timnas Indonesia menempati pot dua babak undian Piala AFF 2024 bersama Timnas Malaysia. Adapun untuk pot satu, dua pesertanya ialah Thailand dan Vietnam.

Kedua negara ini memang dianggap sebagai kontestan terkuat di kawasan ASEAN. Mereka memiliki peringkat FIFA yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Sementara itu, pot tiga dihuni oleh Filipina dan Singapura. Pot empat melibatkan Myanmar dan Kamboja. Adapun pot lima ditempati Laos dan dua negara yang akan berduel lewat babak play-off, yakni antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Apabila melihat komposisi semacam ini, Timnas Indonesia bisa saja menempati grup neraka di Piala AFF 2024. Pasalnya, dengan berada di pot kedua, skuad Garuda dipastikan bersaing dengan salah satu negara pot satu.

Itu berarti anak asuh Shin Tae-yong nantinya akan melawan antara Vietnam atau Thailand di fase grup. Dengan kata lain, persaingan ketat sudah akan dihadapi skuad Garuda di fase penyisihan.

Menurut jadwal, babak undian grup untuk hajatan Piala AFF 2024 akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (21/5/2024) pukul 14.00 WIB. Nantinya, sejumlah 10 negara itu dibagi menjadi dua grup. 

Dua peserta terbaik dari masing-masing grup nantinya akan melaju ke babak semifinal Piala AFF 2024. Seperti format sebelumnya, babak gugur di kejuaraan ini akan menerapkan sistem dua leg.

Sementara itu, format pertandingan pada babak penyisihan akan menyajikan empat pertandingan bagi masing-masing peserta. Empat laga ini terdiri dari dua laga kandang dan dua laga tandang.

Pembagian Pot Undian Grup Piala AFF 2024:

Pot 1

Thailand

Vietnam

Pot 2

Indonesia

Malaysia

Pot 3

Filipina

Singapura

Pot 4

Myanmar

Kamboja

Pot 5

Laos

Timor Leste/Brunei Darussalam

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #masuk #piala #2024 #timnas #indonesia #terancam #gabung #grup #neraka

KOMENTAR