Kepala Witan Sulaeman Diperban, Timnas Indonesia Tertinggal Satu Gol di Babak Pertama
Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea dalam laga playoff Olimpiade 2024 di Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB.(Suara.com)
22:06
9 Mei 2024

Kepala Witan Sulaeman Diperban, Timnas Indonesia Tertinggal Satu Gol di Babak Pertama

Timnas Indonesia untuk sementara tertinggal satu gol dari Guinea di babak pertama. Dalam pertandingan yang berlangsung di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024), gol tunggal Guinea tercipta lewat titik penalti.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim mengawali pertandingan dengan tempo lambat. Baik Timnas Indonesia maupun Guinea masih sama-sama mencari celah.

Guinea lebih mendominasi di awal pertandingan ini, namun intersep-intersep yang dilakukan para pemain bertahan Garuda Muda mampu membuat lawan kesulitan mengembangkan permainan.

Memasuki menit 11, peluang pertama didapat Guinea. Beruntung bagi Indonesia, umpan yang dilepaskan dari sisi kanan berhasil dibuang Ferarri sebelum disambut Ilaix Moriba di tengah kotak.

Indonesia berbalik mengancam di menit 14. Mendapat bola, Witan Sulaeman yang berada di sisi kiri dalam kotak pertahanan lawan ragu untuk melepaskan tembakan.

Ia memilih untuk mengoper bola ke Rafael Struick namun pemain lawan lebih dulu menghalau.

Tidak terkawal di sisi kiri lapangan, Pratama Arhan mendapat peluang di menit 17. Sayang sepakannya terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan penjaga gawang Guinea, Soumaila Sylla.

Di menit 21 pertandingan sempat terhenti. Kepala Witan Sulaeman terpaksa diperban setelah mengalami benturan yang cukup keras dengan gelandang Guinea.

Ancaman kembali ditebar Garuda Muda di menit 26. Berawal dari kemelut di depan gawang, Jeam Kelly yang mendapat bola liar melepaskan tendangan setengah voli.

Akan tetapi tendangan tersebut terlalu lemah. Sylla yang dengan mudah mematahkan peluang Jeam Kelly, langsung menginisiasi serangan balik cepat dengan mengarahkan bola ke tengah lapangan.

Serangan balik tersebut pun pada akhirnya membuahkan penalti setelah Witan menjatuhkan penyerang lawan di kotak terlarang.

Ilaix Moriba yang maju sebagai algojo tidak mensia-siakan peluang tersebut dan mengubah kedudukan menjadi 0-1 di menit 28.

Tertinggal satu gol, anak-anak asuh Shin Tae-yong semakin gencar menyerang. Namun belum membuahkan hasil.

Hingga turun minum skor 0-1 untuk keunggulan Guinea tetap bertahan.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1): Ernando Ari; Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Nathan Tjoe-A-On; Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Witan Sulaeman; Rafael Struick.

Pelatih Shin Tae-yong.

Guinea (4-3-3): Soumaila Sylla; Ibrahima Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Madio Keita; Issiaga Camara, Aguibou Camara, Moriba Kourouma; Ousmane Camara, AlgassimeBah, Facnet Conte.

Pelatih: Kaba Diawara.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #kepala #witan #sulaeman #diperban #timnas #indonesia #tertinggal #satu #babak #pertama

KOMENTAR