Dihujat Habis Netizen Indonesia, Sivakorn Pu-udom Malah Makin Bersinar! Jadi Wasit Olimpiade Paris
Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-udom memimpin pertandingan sepak bola Grup B Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Suriah dan India di Stadion Al-Bayt di al-Khor, utara Doha, pada 23 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
04:06
8 Mei 2024

Dihujat Habis Netizen Indonesia, Sivakorn Pu-udom Malah Makin Bersinar! Jadi Wasit Olimpiade Paris

FIFA menugaskan total 89 ofisial pertandingan untuk sepak bola Olimpiade Paris 2024, termasuk wasit kontroversial asal Thailand Sivakorn Pu-udom.

Dari jumlah tersebut, terdapat 21 wasit utama, 42 asisten wasit, 20 wasit VAR, dan enam support, di mana Sivakorn Pu-udom bertindak sebagai wasit VAR.

Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-udom memimpin pertandingan sepak bola Grup B Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Suriah dan India di Stadion Al-Bayt di al-Khor, utara Doha, pada 23 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFPWasit asal Thailand Sivakorn Pu-udom memimpin pertandingan sepak bola Grup B Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Suriah dan India di Stadion Al-Bayt di al-Khor, utara Doha, pada 23 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Beredar narasi di media sosial bahwa Sivakorn Pu-udom akan menjadi wasit VAR dalam play-off antara Timnas Indonesia U-23 dan Guinea U-23, yang akan menentukan satu tiket ke Olimpiade Paris. Namun hal itu belum bisa dipastikan.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024).

FIFA Belum Memberikan Dia Tugas

FIFA belum menetapkan ofisial pertandingan untuk play-off Olimpiade Paris, termasuk wasit, asisten wasit, wasit VAR, dan asisten VAR.

Namun, netizen sudah gempar dengan isu bahwa Sivakorn Pu-udom akan menjadi wasit VAR dalam pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 dan Guinea U-23.

Sivakorn Pu-udom sebelumnya telah tiga kali menjadi wasit VAR dan asisten VAR saat Timnas Indonesia U-23 bertanding di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia U-23

Sejak 2013, Sivakorn Pu-udom telah menjadi wasit FIFA dan memiliki pengalaman luas memimpin berbagai turnamen sepak bola internasional.

Belum lama ini, Sivakorn Pu-udom memainkan peran sebagai wasit VAR saat Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan di tiga pertandingan di Piala Asia U-23 2024. Yaitu kalah 0-2 dari Timnas Qatar U-23 di penyisihan grup, 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 di semifinal, dan 1-2 dari Timnas Irak U-23 di perebutan tempat ketiga.

Bersama wasit utama, wasit berusia 36 tahun itu menjadi sorotan karena dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #dihujat #habis #netizen #indonesia #sivakorn #udom #malah #makin #bersinar #jadi #wasit #olimpiade #paris

KOMENTAR