Real Madrid Juara Liga Spanyol 2023-2024 Usai Barcelona Kalah dari Girona
Penyerang Real Madrid asal Brasil Vinicius Junior (kiri) merayakan gol 2-2 dari titik penalti bersama rekan satu timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara FC Bayern Munich dan Real Madrid CF pada 30 April , 2024 di Munich, Jerman selatan. Michaela STACHE / AFP
07:06
5 Mei 2024

Real Madrid Juara Liga Spanyol 2023-2024 Usai Barcelona Kalah dari Girona

Real Madrid telah mengamankan gelar juara Liga Spanyol atau La Liga Spanyol untuk musim 2023/24, menyusul kekalahan Barcelona 2-4 dari Girona pada pertandingan pekan ke-34 yang berlangsung di Stadion Montilivi, Minggu dini hari WIB.

Awalnya, Barcelona berhasil memimpin dua kali berkat gol yang dicetak Andreas Christensen dan tendangan penalti oleh Robert Lewandowski, namun Girona melakukan comeback dramatis, dipimpin oleh dua gol dari Portu serta tambahan dari Artem Dovbyk dan Miguel Gutierrez.

Dengan kekalahan ini, peluang Barcelona untuk mengejar Real Madrid di puncak klasemen menjadi mustahil. Saat ini, mereka berada di posisi ketiga dengan total 73 poin, tertinggal 14 poin dari Real Madrid.

Gelandang Real Madrid asal Inggris, Jude Bellingham (kanan) dan penyerang asal Spanyol, Lucas Vazquez melakukan selebrasi kemenangan di akhir pertandingan pekan ke-32 Liga Spanyol antara Real Madrid vs Barcelona di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 21 April, 2024.OSCAR DEL POZO / AFP.Gelandang Real Madrid asal Inggris, Jude Bellingham (kanan) dan penyerang asal Spanyol, Lucas Vazquez melakukan selebrasi kemenangan di akhir pertandingan pekan ke-32 Liga Spanyol antara Real Madrid vs Barcelona di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 21 April, 2024.OSCAR DEL POZO / AFP.

Posisi kedua kini ditempati Girona, yang telah mengamankan tempat di Liga Champions musim depan, setelah berhasil mendapatkan 74 poin, menurut data dari situs resmi Liga Spanyol.

Pertandingan dimulai dengan Barcelona yang langsung unggul cepat melalui gol Andreas Christensen pada menit ketiga, setelah menerima umpan terukur dari Lamine Yamal.

Christensen, gelandang asal Denmark, berhasil menguasai bola dengan dada sebelum melepaskan sepakan langsung yang menggetarkan jala gawang Paulo Gazzaniga, membuat skor menjadi 1-0 untuk Barcelona.

Namun, keunggulan ini tidak bertahan lama karena Artem Dovbyk segera menyamakan kedudukan. Berkat posisinya yang strategis, ia berhasil menanduk bola dari umpan Ivan Martin.

Marc-Andre ter Stegen, kiper Barcelona, gagal mencegah gol tersebut, sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Barcelona kembali unggul menjelang akhir babak pertama, setelah wasit memutuskan pemberian penalti melalui VAR yang menunjukkan bahwa Yamal dilanggar di dalam area penalti.

Robert Lewandowski yang bertindak sebagai eksekutor berhasil mengecoh Gazzaniga yang terlanjur melompat ke arah yang salah, mengakhiri babak pertama dengan skor 2-1.

Girona menyamakan kedudukan di menit ke-65 babak kedua, ketika Portu memanfaatkan kesalahan back-pass lemah dari Sergi Roberto, yang kemudian diambil oleh Dovbyk sebelum diumpankan kepada Portu untuk mencetak gol. Skor menjadi 2-2.

Miguel Gutierrez menambah gol setelah itu, dengan serangan balik yang cepat berakhir pada tembakan Gutierrez yang berbelok arah setelah mengenai pemain bertahan Barcelona.

Portu kemudian menambah golnya di menit ke-75, membawa Girona memimpin 4-2.

Upaya Barcelona untuk membalikkan keadaan pada sisa pertandingan berakhir sia-sia. Girona memenangkan pertandingan dengan skor akhir 4-2.

Dengan hasil ini, Real Madrid secara resmi dinobatkan sebagai juara La Liga, menandai gelar ke-36 mereka di kompetisi ini.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #real #madrid #juara #liga #spanyol #2023 #2024 #usai #barcelona #kalah #dari #girona

KOMENTAR