4 Mantan yang 'Sakiti' Persebaya di BRI Liga 1 Musim Ini
Winger Bali United, Irfan Jaya melakukan selebrasi bersama striker Ilija Spasojevic usai mencetak gol pembuka timnya ke gawang Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (24/4/2024) sore WIB. [Dok. Bali United]
21:42
26 April 2024

4 Mantan yang 'Sakiti' Persebaya di BRI Liga 1 Musim Ini

Persebaya Surabaya terpuruk dengan tiga kekalahan beruntun di BRI Liga 1 2023/2024, menempati peringkat ke-12 dengan 39 poin dari 33 pertandingan.

Mereka kalah 0-3 dari Dewa United, 1-3 dari Persib Bandung, dan 0-2 dari Dewa United lagi.

Dalam tiga pertandingan itu, mereka kebobolan delapan gol dan tak pernah mencetak gol dalam dua laga kandang terakhir.

Produktivitas gol mereka terendah, hanya mencetak 31 gol dalam 33 pertandingan.

Persebaya Surabaya juga terhantui oleh mantan pemain mereka yang mencetak gol bagi lawan dalam tiga kekalahan beruntun tersebut. Berikut ulasannya.

1. Ricky Kambuaya

Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat berduel dengan pemain Libya saat kedua tim berhadapan dalam laga uji coba (Dok. PSSI).Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat berduel dengan pemain Libya saat kedua tim berhadapan dalam laga uji coba (Dok. PSSI).

Tujuh mantan pemain Persebaya Surabaya kini berada di skuad Dewa United, yang membuktikan pengaruh mereka dalam menghadapi Persebaya.

Dua dari tiga gol Dewa United dalam pertandingan tersebut dicetak oleh mantan pemain Persebaya, termasuk Ricky Kambuaya.

Kambuaya awalnya tidak begitu dikenal saat direkrut oleh Persebaya pada 2020, namun menjadi andalan hingga bergabung dengan Dewa United di awal musim ini setelah sebelumnya membela Persib Bandung.

2. Ahmad Nufiandi

Ahmad Nufiandini (kanan) dihadang pesepak bola Singapura, Safirul Sulaiman dalam pertandingan Sepak Bola Sea Games ke-28 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Kamis (11/6).[Antara]Ahmad Nufiandini (kanan) dihadang pesepak bola Singapura, Safirul Sulaiman dalam pertandingan Sepak Bola Sea Games ke-28 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Kamis (11/6).[Antara]

Selain Kambuaya, ada nama Ahmad Nufiandani, pemain Dewa United yang membobol gawang Bajul Ijo di laga tersebut.

Dia sebelumnya merupakan penyerang andalan Persebaya pada Liga 1 2022/2023.

3. David Da Silva

Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kanan) berusaha melewati pesepak bola Persita Tangerang Javlon Guseynov (kiri) saat pertandingan Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YUPesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kanan) berusaha melewati pesepak bola Persita Tangerang Javlon Guseynov (kiri) saat pertandingan Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU

Persib Bandung menang 3-1 atas Persebaya Surabaya, dengan ketiga gol dicetak oleh striker asing mereka, David da Silva.

Ini merupakan hattrick sang pemain Brasil yang juga merupakan mantan pemain Persebaya, memperpanjang rekor selalu mencetak gol dalam lima pertemuan terakhir di Liga 1 sejak musim 2021/2022.

Dengan hattrick ini, David da Silva kini memuncaki daftar pencetak gol Liga 1 musim ini dengan 25 gol dan telah mencetak total 91 gol dalam sejarah Liga 1, menjadi yang terbanyak di antara pemain lain.

4. Irfan Jaya

Winger Bali United, Irfan Jaya (tengah) melepaskan tendangan ketika mendapat kawalan dari para pemain Persik Kediri dalam laga pekan ke-24 Liga 1 2023-2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Senin (5/2/2024) malam WIB. [Dok. Bali United]Winger Bali United, Irfan Jaya (tengah) melepaskan tendangan ketika mendapat kawalan dari para pemain Persik Kediri dalam laga pekan ke-24 Liga 1 2023-2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Senin (5/2/2024) malam WIB. [Dok. Bali United]

Kekalahan 0-2 dari Bali United menegaskan kenyataan pahit bagi Persebaya Surabaya dibobol oleh mantan pemain mereka, Irfan Jaya, yang membuka skor dalam pertandingan tersebut.

Gol indah itu dihasilkan dari umpan Eber Bessa yang cantik, dengan Irfan menyelesaikannya dengan satu sentuhan pada menit ke-35.

Irfan, sebagai bentuk penghormatan kepada mantan klubnya, menahan diri dari selebrasi setelah mencetak gol.

Ia adalah bekas pemain andalan Persebaya, bergabung dengan klub itu pada 2017 dan meraih sukses termasuk juara Liga 2 dan gelar pemain terbaik.

Meskipun Irfan kemudian pindah ke PSS Sleman dan kemudian ke Bali United, gol ini menjadi yang pertama baginya ke gawang Persebaya sambil memberikan pertunjukan yang elegan di kandang Persebaya di depan suporter Bonek.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mantan #yang #sakiti #persebaya #liga #musim

KOMENTAR