Komentar Kontraproduktif Bung Towel ke STY Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Korsel
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong saat konferensi pers sehari jelang melawan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).
15:36
25 April 2024

Komentar Kontraproduktif Bung Towel ke STY Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Korsel

Pengamat sepak bola Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel, kembali menyampaikan komentar berbau kritik terhadap pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

Jelang Garuda Muda menghadapi Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024, Bung Towel menyebut laga tersebut sebagai ujian sesungguhnya bagi Shin Tae-yong dalam memimpin tim Merah Putih.

Bung Towel mengkritik pemanggilan kembali Nathan Tjoe-A-On ke dalam skuad Timnas Indonesia U-23. Menurutnya, Shin Tae-yong seharusnya diberikan ujian dengan memimpin Garuda Muda tanpa salah satu pemain terbaiknya itu.

"Memanggil kembali Nathan Tjoe-A-On apresiasi, itu upaya [PSSI]. Tetapi harusnya kita challenge, ketika tanpa Nathan Tjoe-A-On, apa yang akan dilakukan oleh Shin Tae Yong?" kata Bung Towel dalam acara Hot Room di Metro TV, Rabu (24/4/2024) malam WIB.

"Sebetulnya ini kesempatan, karena dari segi target telah tercapai, perempat final. Nothing to lose besok."

"Kita sedang menguji kualitas Shin Tae Yong. Kita mau lihat. Kalau disuapin terus sama Erick Thohir, enak betul Shin Tae Yong."

Justinus Lhaksana alias Coach Justin dan Bung Towel alias Tommy Welly. (Instagram/@coachjustinl)Justinus Lhaksana alias Coach Justin dan Bung Towel alias Tommy Welly. (Instagram/@coachjustinl)

Bung Towel mungkin tidak salah dengan menganggap Nathan Tjoe-A-On sebagai salah satu pilar penting Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

Namun, komentarnya terkait perempat final Piala Asia U-23 2024 sebagai "bahan" untuk mengetes kemampuan Shin Tae-yong bisa dianggap kurang valid.

Pasalnya, meski target lolos ke perempat final telah tercapai, PSSI masih berharap Timnas Indonesia U-23 bisa melangkah ke semifinal demi tiket Olimpiade Paris 2024.

Alhasil, komentar Bung Towel seakan kontraproduktif. Saat Timnas Indonesia U-23 tengah berjuang menggapai mimpi besar, sang pengamat justru menurunkan nilai laga perempat final menghadapi Korea Selatan sebagai pertandingan yang kurang penting.

Sebagai informasi, tiga dari empat semifinalis Piala Asia U-23 2024 akan otomatis melangkah ke Olimpiade 2024.

Sementara tim yang kalah di perebutan peringkat tiga terbaik, bakal memainkan laga playoff kontra wakil Afrika, Guinea U-23 untuk memperebutkan satu tiket Olimpiade yang tersisa.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #komentar #kontraproduktif #bung #towel #jelang #timnas #indonesia #korsel

KOMENTAR