Ernando Ari Tepis Tendangan Penalti Australia, Timnas Indonesia U-23 Buat STY Deg-degan
Timnas Indonesia U-23 usai mengalahkan Australia. (Dok. AFC)
14:42
19 April 2024

Ernando Ari Tepis Tendangan Penalti Australia, Timnas Indonesia U-23 Buat STY Deg-degan

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong alias STY sempat dibuat deg-degan karena wasit menghadiahi Australia tendangan penalti. Untungnya, perasaan juru taktik asal Korea Selatan itu lega setelah Ernando Ari Sutaryadi sukses menepis tembakan pemain Australia.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Australia, 1-0 dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis (18/4/2024). Gol semata wayang Garuda Muda diciptakan oleh Komang Teguh pada menit ke-45.

Sebelum gol itu terjadi ada momentum di mana Australia mendapat hadiah penalti dari wasit menit ke-23. Itu setelah Komang Teguh kedapatan handball di kotak terlarang setelah cek Video Assistant Referee (VAR).

Shin Tae-yong (Instagram/shintaeyong7777)Shin Tae-yong (Instagram/shintaeyong7777)

Untungnya, Mohamed Toure gagal menjadikan hal tersebut sebuah gol. Tembakan keras sang pemain mampu dimuntahkan oleh Ernando.

Bagi Shin Tae-yong momentum tersebut membuat deg-degan. Pasalnya, penalti tersebut dapat mempengaruhi jalannya pertandingan.

"Jelas itu adalah momennya ketika kami dijatuhi tendangan penalti. Saya tidak berpikir Komang Teguh sengaja menyentuh bola, tetapi bagaimanapun itu terjadi dalam sekejap," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

"Kami merasa seperti dalam krisis dan momen paling berbahaya, lalu kiper berhasil melakukan penyelamatan. Jadi itu adalah momen krusial dalam pertandingan ini menurut saya," jelasnya.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-23 menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Di puncak ada Qatar dengan 6 poin.

Di posisi tiga dan empat ada Australia serta Yordania. Kedua tim tersebut sama-sama mengemas 1 poin.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Yordania pada laga pamungkas yang dilangsungkan Minggu (21/4/2023). Tim Merah Putih tak boleh kalah jika ingin lolos ke babak berikutnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #ernando #tepis #tendangan #penalti #australia #timnas #indonesia #buat #degan

KOMENTAR