Kontroversial! Wasit Sahkan Gol Irak yang Berbau Offside ke Gawang Timnas Indonesia
Striker Irak Mohanad Ali sudah lebih dulu dalam posisi offside ketika menyundul bola yang dalam prosesnya berhasil dihalau kiper timnas Indonesia Ernando Ari. Namun, wasit tak menggubris hal itu hingga beberapa detik kemudian Irak benar-benar mencetak gol lewat Osama Rashid dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Senin (15/1/2024). [AFP]
05:42
16 Januari 2024

Kontroversial! Wasit Sahkan Gol Irak yang Berbau Offside ke Gawang Timnas Indonesia

Laga babak pertama Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 diwarnai kontroversi. Wasit mengesahkan gol Singa Mesopotamia yang dalam prosesnya berbau offside, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Duel Timnas Indonesia vs Irak berlangsung dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan. Skuad Garuda tertinggal 1-2 di babak pertama di mana gol kedua Irak memicu kontroversi.

Irak memulai laga dengan sangat baik, mereka membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Mohanad Ali. Timnas Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37 melalui Marselino Ferdinan.

Laga berlangsung intens setelah itu. Irak pun berhasil mencetak gol untuk merestorasi keunggulan jelang babak pertama berakhir tepatnya pada menit 45+7 melalui Osama Rashid.

Pemain Timnas Indonesia Yakob Sayuri saat laga melawan Irak di matchday Grup D Piala Asia 2023 (dok. PSSI)Pemain Timnas Indonesia Yakob Sayuri saat laga melawan Irak di matchday Grup D Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Namun, gol tersebut memicu perdebatan. Pasalnya, sebelum Rashid membobol gawang Garuda, terdapat momen Mohanad Ali sudah terjebak offside ketika melepaskan sundulan yang kemudian dimentahkan kiper Ernando Ari.

Saat itu, wasit dan hakim garis tidak menggubris. Mereka tetap melanjutkan pertandingan sebelum beberapa saat kemudian, Rashid berhasil membobol gawang Ernando Ari.

Pelatih Shin Tae-yong terlihat protes kepada ofisial keempat di pinggir lapangan. Namun, wasit bergeming dan enggan berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR). Alhasil, gol Irak dianggap sah.

Timnas Indonesia tak diunggulkan dalam laga ini. Dalam pertemuan terakhir dengan Irak, mereka dibantai dengan skor 1-5 pada November lalu.

Saat itu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tak berdaya menghadapi Singa Mesopotamia dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra.

Pelatih Shin Tae-yong mengisyaratkan Timnas Indonesia berusaha mencuri poin di laga ini. Hal itu disampaikan sang juru taktik ketika diwawancarai Sports Seoul.

"Saat melawan Vietnam, Indonesia harus menang, dan melawan Irak minimal harus imbang," kata Shin Tae-yong yang berharap bisa membawa Timnas Indonesia setidaknya lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kontroversial #wasit #sahkan #irak #yang #berbau #offside #gawang #timnas #indonesia

KOMENTAR