Shin Tae-yong Kritik Standar Ganda Cerezo Osaka: Lepas Pemain Jepang, Tahan Justin Hubner
Nova Arianto (kiri) dan Shin Tae-yong (kanan). (Instagram/novaarianto30)
19:36
13 April 2024

Shin Tae-yong Kritik Standar Ganda Cerezo Osaka: Lepas Pemain Jepang, Tahan Justin Hubner

Pelatih Timnas Indonesia U-23 mengkritik sikap klub Liga Jepang (J1 League) Cerezo Osaka yang dianggap mempraktikan standar ganda dalam melepas pemain ke Piala Asia U-23 2024.

PSSI telah mengirim surat pemanggilan kepada bek Cerezo Osaka, Justin Hubner untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Namun, Cerezo Osaka seakan mengulur-ngulur kepastian melepas tidaknya sang pemain, sebelum akhirnya sepakat untuk mengiyakan permintaan PSSI dengan satu syarat.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sebelumnya menjelaskan bahwa Cerezo Osaka baru mau melepas Justin Hubner ke Timnas Indonesia selepas 17 April 2024 dengan alasan masih membutuhkan jasanya.

Justin Hubner memang telah dua kali diturunkan Cerezo Osaka semenjak resmi didatangkan dengan status pinjaman pada Maret 2024 ini. Meski demikian, dia selalu tampil dari bangku cadangan di menit-menit akhir pertandingan.

Teranyar, Hubner dimainkan sejak menit ke-88 saat Cerezo Osaka menang 1-0 atas Kawasaki Frontale dalam laga pekan kedelapan J1 League 2024 pada Sabtu (13/4/2024) sore WIB.

Justin Hubner Saat Berseragam Cerezo Osaka. (Instagram/justinhubner5)Justin Hubner Saat Berseragam Cerezo Osaka. (Instagram/justinhubner5)

Kebijakan Cerezo Osaka pun mendapat kritik dari Shin Tae-yong lantaran tim tersebut di sisi lain telah melepas rekan setim Hubner, Ryuya Nishio ke Timnas Jepang U-23.

"Mereka tidak melepas pemain [Timnas Indonesia U-23] yang tampil di J1 League, [Justin Hubner]. Saya tahu mereka mengirim pemain yang diminta oleh timnas Jepang," kata Shin Tae-yong dikutip dari Chosun, Sabtu (13/4/2024).

"Secara pribadi, menurut saya itu bertentangan dengan semangat olahraga," tambah Shin Tae-yong.

Selain Justin Hubner, Shin Tae-yong diketahui juga gagal memanggil Nathan Tjoe-A-On, Alfeandra Dewangga hingga Elkan Baggott.

Nama pertama tidak dilepas SC Heerenveen, sementara dua pemain yang disebut terakhir mengalami masalah fisik. Dewangga baru menjalani operasi, sementara Baggott masih dalam pemulihan cedera betis.

“Saya stres karena masalah rekrutmen pemain. Kami kehilangan kekuatan. Kalau semua pemain [sesuai rencana awal] bisa datang, pasti akan menjadi kejutan," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 merupakan debutan di Piala Asia U-23 2024. Mereka tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada 15 April - 3 Mei 2024. Di Laga perdana, Timnas Indonesia U-23 akan melawan Qatar pada 15 April. Lalu menantang Australia (18/4/2024) dan terakhir bertemu Yordania (21/4/2024).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #kritik #standar #ganda #cerezo #osaka #lepas #pemain #jepang #tahan #justin #hubner

KOMENTAR