Pengakuan Jujur Calvin Verdonk Mengapa Pilih Bela Timnas Indonesia Dibanding Belanda
Pemain Belanda keturunan Indonesia yang bermain untuk klub NEC Nijmegen, Calvin Verdonk. (ANTARA/X/NEC Nijmegen)
11:18
8 April 2024

Pengakuan Jujur Calvin Verdonk Mengapa Pilih Bela Timnas Indonesia Dibanding Belanda

Calvin Verdonk buka suara soal keputusannya ingin dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Secara blak-blakan, keputusannya ini disebut pilihan realistis.

Realitas yang dimaksud adalah kesadaran Verdonk akan peluangnya membela Belanda di level senior hampir sepenuhnya tertutup.

Dilansir dari media Belanda, Voetbal International, Verdonk menyebut bahwa alasan terkuat dirinya memilih membela Timnas Indonesia adalah sudah tidak mungkin lagi membela Oranje.

“Saya harus jujur kepada diri saya sendiri. Saya tidak akan punya kesempatan lagi untuk masuk ke Timnas Belanda," ungkap Calvin Verdonk.

"Usia saya sekarang hampir mencapai 27 tahun, sehingga itu (memakai jersey Belanda) sangat tidak realistis." jelasnya.

Sebagai calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia selanjutnya, Calvin Verdonk termasuk pemain Grade A. Ia membela klub Eredivisie Belanda, NEC Nijmegen.

Musim ini ia selalu tampil dalam 28 pertandingan Eredivisie dengan catatan 2 gol dan 2 assist. Torehan yang impresif bagi pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu.

Di level junior, Calvin Verdonk kerap menjadi andalan Timnas Belanda. Ia sudah membela tim kelompok umur Belanda dari U-15 hingga U-21.

Verdonk bahkan tampil di kejuaraan-kejuaraan resmi. Ia menjadi runner-up Euro U-17 2014 bersama Belanda U-17, lalu tampil di Euro U-19 2016.

Namun demikian, kariernya di level junior yang cukup impresif itu tidak mampu membawa Calvin Verdonk dilirik untuk tampil di tim senior Belanda.

Oleh karena itu membela Timnas Indonesia kini menjadi pilihan realistis buat Calvin Verdonk yang mulai memasuki usia emas.

Terlebih Timnas Indonesia disebut masih punya peluang besar untuk tampil di Piala Dunia mengingat saat ini berpotensi lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pengakuan #jujur #calvin #verdonk #mengapa #pilih #bela #timnas #indonesia #dibanding #belanda

KOMENTAR