3 Jebolan Premier League Berpotensi Bela Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina
Gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald (kiri). [GLYN KIRK / AFP]
17:54
6 April 2024

3 Jebolan Premier League Berpotensi Bela Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina

Kebijakan naturalisasi yang terus digencarkan oleh PSSI belakangan ini memang memunculkan potensi kekuatan baru. Sebab, Timnas Indonesia berpotensi diperkuat tiga pemain jebolan Liga Primer Inggris.

Belakangan ini, PSSI telah berhasil menambah komposisi pemain keturunan di Timnas Indonesia. Ada beberapa nama tambahan yang baru saja mengukir debut seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, hingga Ragnar Oratmangoen.

Keempat nama ini semakin menambah tebal daftar pemain keturunan yang kini telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), tepatnya di masa kepelatihan Shin Tae-yong.

Setidaknya, ada tiga pemain jebolan Liga Primer Inggris yang bakal memperkuat Timnas Indonesia apabila proses naturalisasi salah satu pemainnya bakal segera tuntas dalam waktu dekat.

1. Justin Hubner

Salah satu pemain yang belakangan ini menjadi andalan Timnas Indonesia di berbagai ajang ialah Justin Hubner. Meskipun lahir di Belanda, Justin Hubner justru tercatat berkarier di Liga Inggris.

Sebab, sejak masih berusia muda, Justin Hubner telah bergabung bersama Wolverhampton U-18 pada 2020. Dari sana, dia langsung mendapatkan kesempatan naik kasta hingga akhirnya dipinjamkan ke klub Liga Jepang, Cerezo Osaka.

Justin sejauh ini sudah mengukir tujuh caps bersama Timnas Indonesia. Dia diprediksi jadi pemain yang akan sangat diandalkan hingga beberapa tahun ke depan.

2. Jordi Amat

Pemain keturunan Timnas Indonesia lainnya yang juga berstatus sebagai jebolan Liga Primer Inggris ialah Jordi Amat. Saat masa-masa keemasannya, Jordi memang tercatat bermain bersama sejumlah klub elite.

Namun, ketika memutuskan singgah ke Liga Inggris, satu-satunya klub yang menggunakan jasanya ialah Swansea. Sisanya, karier sepak bola Jordi lebih banyak dihabiskan bersama klub-klub Spanyol.

Jordi bakal menjadi pemain paling senior di jantung pertahanan Timnas Indonesia dan mendampingi para juniornya yang masih butuh jam terbang.

3. Jairo Riedewald

Pemain keturunan terbaru yang tampaknya bakal segera menjadi warga negara Indonesia (WNI) melalui jalur naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia ialah Jairo Riedewald yang kini berkarier di Inggris.

Gelandang bertahan asal klub Liga Primer Inggris, Crystal Palace, itu tampaknya bakal menjadi opsi yang menarik bagi Timnas Indonesia. Sebab, dia sudah punya banyak pengalaman di kompetisi elite Eropa.

Jika prosesnya benar-benar dituntaskan oleh PSSI, Jairo Riedewald akan menjadi pemain jebolan Liga Primer Inggris ketiga yang memperkuat timnas Indonesia.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jebolan #premier #league #berpotensi #bela #timnas #indonesia #lawan #irak #filipina

KOMENTAR