PSSI-nya Vietnam Bocorkan Profil Calon Pelatih Baru, Syarat Ini Jadi Acuan
Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (depan) memberikan arahan saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:12
31 Maret 2024

PSSI-nya Vietnam Bocorkan Profil Calon Pelatih Baru, Syarat Ini Jadi Acuan

Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengindikasikan preferensi mereka terhadap pelatih sepak bola dari Asia Timur, khususnya Jepang dan Korea Selatan, sebagai pengganti Philippe Troussier untuk mengambil alih kendali tim nasional Vietnam.

Dikutip dari znews, sumber dari VFF yang tidak ingin diungkapkan identitasnya mengungkapkan hal serupa, seiring dengan aspirasi Dewan Pelatih Nasional Vietnam.

Mayoritas Exco VFF dan Dewan Pelatih Nasional, sekitar 60 persen, mendukung pelatih berkebangsaan Jepang, sementara 40 persen mendukung kandidat dari Korea Selatan.

Cuplikan Laga Timnas Vietnam vs. Indonesia dalam Lanjutan Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 round 2 zona Asia. (pssi.org)Cuplikan Laga Timnas Vietnam vs. Indonesia dalam Lanjutan Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 round 2 zona Asia. (pssi.org)

Sementara itu, pelatih-pelatih dari Eropa tidak mendapatkan dukungan signifikan dalam perbincangan tersebut, yang menunjukkan sebuah konsensus yang mulai terbentuk dalam tubuh VFF.

Kriteria untuk calon pelatih yang akan direkrut oleh VFF tidak hanya sebatas reputasi dan prestasi, tapi juga harus mampu beradaptasi dengan gaya bermain sepak bola Vietnam yang khas.

Upaya ini tampaknya sebagai langkah untuk menghindari pengulangan masalah yang terjadi sebelumnya, di mana Troussier, meski memiliki reputasi yang cukup, tidak mampu berintegrasi dengan baik dengan timnas Vietnam.

VFF berencana untuk mengumumkan pengganti Troussier sebelum tim nasional Vietnam berlaga dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Juni mendatang, menunjukkan keinginan untuk segera menetapkan arah baru.

Tidak hanya pelatih kepala, VFF juga menegaskan bahwa staf pelatih dan asisten yang akan mendampingi pelatih baru juga akan dipilih sesuai dengan visi dan misi yang diinginkan oleh sang pelatih utama.

Sejauh ini, VFF telah menunjuk Hoang Anh Tuan sebagai pelatih untuk timnas Vietnam U-23 yang akan berkompetisi dalam Piala Asia U-23 2024 di Qatar bulan depan, dengan rencana untuk menjalani dua pertandingan persahabatan sebagai persiapan sebelum turnamen dimulai.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pssi #vietnam #bocorkan #profil #calon #pelatih #baru #syarat #jadi #acuan

KOMENTAR