Bek Vietnam Sindir Soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Witan Sulaeman Beri Respons Berkelas
Witan Sulaeman (Tengah) Saat Laga Kontra Libya Pada Selasa (02/01/2024) Kemarin. (pssi.org)
16:36
18 Maret 2024

Bek Vietnam Sindir Soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Witan Sulaeman Beri Respons Berkelas

Witan Sulaeman memaklumi sindiran bek Vietman Do Duy Manh soal banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia. Sebab, ini hal baru di sepak bola ASEAN, sehingga membuat pemain Vietnam bingung.

Do Duy Manh sempat berkomentar bingung lawan yang dihadapi timnya apakah Timnas Indonesia atau tim nasional Belanda. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pemain naturalisasi di skuad Garuda.

Baru-baru ini bahkan Timnas Indonesia menambah pemain keturunan berdarah Belanda. Mereka adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On.

Namun, baru Jay Idzes yang dipastikan bisa membela Timnas Indonesia. Sementara Nathan prosesnya masih menunggu perpindahan federasi. Sedangkan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye ambil sumpah WNI saja belum.

Witan mengatakan semua yang berkewarganegaraan Indonesia berhak memperkuat tim nasional. Termasuk mereka yang memiliki darah keturunan.

"Kalau menurut saya kita semua di sini sama. Kita pemain Indonesia, kita rakyat Indonesia, kita berhak membela Indonesia, jadi enggak ada perbedaan antara naturalisasi atau lokal," kata Witan kepada awak media.

"Sedangkan di Prancis saja mereka banyak juga pemain keturunan, tapi kan hal wajar, mungkin karena ini baru bagi sepak bola ASEAN jadi mungkin mereka bisa berkomentar seperti itu," sambungnya.

Adapun pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk pertandingan melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Pertemuan pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Setelah itu gantian Vietnam menjadi tuan rumah di Stadion My Dinh, Hanoi.

"Menurut saya mereka (pemain keturunan) juga berhak membela tim nasional kita karena mereka mempunyai darah keturunan, dan punya paspor Indonesia, dan sah-sah saja mereka membela Timnas Indonesia," pungkasnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #vietnam #sindir #soal #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #witan #sulaeman #beri #respons #berkelas

KOMENTAR