Perbandingan Gaji Justin Hubner vs Pratama Arhan di Liga Jepang, Terima 12 Kali Lipat Lebih Besar
Kolase Justin Hubner dan Pratama Arhan. (Dok. Cerezo Osaka & J League)
18:48
16 Maret 2024

Perbandingan Gaji Justin Hubner vs Pratama Arhan di Liga Jepang, Terima 12 Kali Lipat Lebih Besar

Melihat perbandingan gaji antara Justin Hubner dengan Pratama Arhan, dua pemain muda Timnas Indonesia yang saat ini berkarier bersama klub-klub kasta teratas di Jepang dan Korea Selatan.

Baik Justin Hubner dan Pratama Arhan sama-sama melanjutkan kariernya di kasta teratas dua negara kuat Asia Timur, yakni Jepang dan Korea Selatan pada awal tahun 2024 ini.

Pratama Arhan terlebih dahulu berganti klub setelah hijrah dari tim kasta kedua Jepang, Tokyo Verdy, ke Suwon FC selaku kontestan kompetisi teratas Korea Selatan atau K League 1.

Sedangkan Justin Hubner baru saja merapat ke Jepang pada Maret 2024 ini, setelah diboyong oleh Cerezo Osaka dengan status pinjaman hingga Desember 2024.

Bermain di kasta teratas Jepang dan Korea Selatan, banyak pihak yang ingin tahu berapa besaran gaji yang diterima Justin Hubner dan Pratama Arhan.

Untuk Pratama Arhan sendiri, dilaporkan gajinya mengalami peningkatan saat bergabung Suwon FC. Sebelumnya di Tokyo Verdy, eks PSIS Semarang ini hanya mengantongi Rp500-600 juta semusim.

Pemain Timnas Indonesia, Tokyo Verdy. [IG Pratama Arhan]Pemain Timnas Indonesia, Tokyo Verdy. [IG Pratama Arhan]

Sedangkan di Suwon FC atau tepatnya di Korea Selatan, gaji untuk pemain asing top sendiri bisa mencapai angka puluhan miliar rupiah.

Sehingga, ada kemungkinan bek kiri berusia 22 tahun itu menerima bayaran hingga miliaran rupiah per musimnya, meski tak diketahui secara pasti nominal gajinya.

Sedangkan Justin Hubner sendiri juga akan menerima bayaran fantastis saat membela Cerezo Osaka. Sebagai informasi, rata-rata gaji pemain J1 League berada di angka Rp6,3 miliar atau 12 kali lipat dari gaji Arhan per musimnya.

Dengan status Justin Hubner yang merupakan jebolan akademi Wolverhampton Wanderers, ada kemungkinan dirinya mendapat bayaran Rp6,3 miliar atau bahkan lebih selama di Cerezo Osaka.

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner resmi gabung Cerezo Osaka. [IG Cerezo Osaka]Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner resmi gabung Cerezo Osaka. [IG Cerezo Osaka]

Gaji yang diterima Justin Hubner di Cerezo Osaka ini justru lebih tinggi ketimbang apa yang diterimanya selama bermain di Wolverhampton Wanderers.

Saat di Wolves, bek tengah berusia 20 tahun itu diperkirakan hanya mengantongi bayaran Rp1,1 miliar per tahunnya karena statusnya sebagai pemain akademi.

Terlepas dari perbandingan gaji kedua pemain itu, baik Justin Hubner dan Pratama Arhan belum melakoni debut resmi bersama Cerezo Osaka dan Suwon FC.

Justin Hubner diprediksi akan dimainkan Cerezo Osaka pada pekan ke-5 J1 League atau pada tanggal 30 Maret 2024 saat berhadapan dengan Shonan Bellmare.

Sedangkan Pratama Arhan memiliki kesempatan untuk melakoni debut pada Sabtu (15/3) besok kala Suwon FC menghadapi Daegu FC.

Nantinya pada Senin (17/3/2024), Justin Hubner, Pratama Arhan, dan seluruh penggawa Timnas Indonesia akan berkumpul di Jakarta sebelum menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #gaji #justin #hubner #pratama #arhan #liga #jepang #terima #kali #lipat #lebih #besar

KOMENTAR