Statistik Adi Satryo dan Wahyu Prasetyo Hingga Dilirik Shin Tae-yong, Jaminan Main Bagus di Timnas Indonesia?
Kiper muda PSS Sleman Adi Satryo saat sedang berlatih bersama tim (dok. PSS Sleman).
11:12
16 Maret 2024

Statistik Adi Satryo dan Wahyu Prasetyo Hingga Dilirik Shin Tae-yong, Jaminan Main Bagus di Timnas Indonesia?

PSIS Semarang telah mengumumkan partisipasi dua pemainnya, Wahyu Prasetyo serta Adi Satryo, untuk bergabung bersama Tim Nasional Indonesia menghadapi tim Vietnam dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Keduanya telah menunjukkan penampilan yang memukau di musim BRI Liga 1 2023/2024.

Wahyu Prasetyo, yang telah sering mendapat panggilan sebelumnya, telah turut serta membela Tim Nasional pada Piala Asia 2023.

Adi Satryo, meskipun bukan nama yang asing bagi pelatih Shin Tae-yong, kembali dipanggil setelah absen dalam beberapa waktu. Berikut adalah kontribusi keduanya dalam arena kompetisi domestik.

Sebelum mendapat panggilan untuk bergabung dengan Tim Nasional, Wahyu Prasetyo dan Adi Satryo memainkan peran penting dalam membantu PSIS Semarang mencapai posisi keempat dalam musim BRI Liga 1 2023/2024.

Keduanya berperan besar dalam menjaga pertahanan Mahesa Jenar yang hanya kebobolan 33 gol dari 28 pertandingan, menempati peringkat keempat untuk tim dengan jumlah gol kebobolan terendah di musim ini, hanya kalah dari Borneo FC (20 gol), PSM Makassar (27 gol), serta Persib Bandung (33 gol).

Adi Satryo, penjaga gawang lokal PSIS, telah menampilkan performa yang gemilang di musim ini dengan mencatatkan lima kali catatan clean sheet dari 22 penampilan.

Meskipun hanya berada di peringkat ke-10 dalam hal clean sheet, Adi menonjol dalam jumlah penyelamatan dengan 75 penyelamatan, hanya kalah dari tiga penjaga gawang asing terbaik di BRI Liga 1, yaitu Adilson Maringa, Sonny Stevens, serta Julian Schwarzer.

Hanya Nadeo Argawinata yang berhasil melampaui pencapaian Adi Satryo dalam kategori penyelamatan.

Wahyu Prasetyo, bek PSIS Semarang, telah menunjukkan konsistensi dalam 25 penampilannya di musim BRI Liga 1 2023/2024, selalu tampil sebagai starter dan hampir selalu bermain penuh 2x45 menit.

Pemain asal Batang ini, yang biasa dipanggil Hulk, merupakan salah satu elemen kunci dalam pertahanan Mahesa Jenar dan memegang peran penting sebagai seorang pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang sangat disiplin.

Kemampuan distribusi bola yang luar biasa membuatnya sangat cocok dengan skema permainan yang diusung oleh Shin Tae-yong.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #statistik #satryo #wahyu #prasetyo #hingga #dilirik #shin #yong #jaminan #main #bagus #timnas #indonesia

KOMENTAR