5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Jadi Korban Thom Haye Cs, Ada yang Sudah Dicoret
Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. [JAM STA ROSA / AFP]
17:54
9 Maret 2024

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Jadi Korban Thom Haye Cs, Ada yang Sudah Dicoret

Sebanyak 5 pemain Timnas Indonesia jadi korban kehadiran Thom Haye dkk yang diharap bisa segera bergabung skuad Garuda untuk laga melawan Vietnam.

Laga Timnas Indonesia melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan jadi debut dari empat pemain keturunan tambahan skuad Garuda.

Empat pemain keturunan tambahan yang dimaksud antara lain Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On.

Sebenarnya ada satu lagi pemain yang turut dinaturalisasi, namun statusnya belum bisa dipastikan bisa membela Timnas Indonesia atau tidak.

Pemain tersebut adalah Maarten Paes, riwayat bermain untuk Timnas Belanda U-20 membuatnya harus sedikit lama mengurus perpindahan federasi.

Terlepas dari itu beberapa pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong sebelumnya harus rela jadi korban tersingkir dari skuad.

Setidaknya ada lima pemain yang harus tersingkir dari skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam, berikut di antaranya.

1. Ernando Ari

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari (pssi.org)Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari (pssi.org)

Ernando Ari tersingkir dari skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026, sebenarnya bukan karena kalah bersaing dengan pemain keturunan.

Akan tetapi lebih ke kondisinya yang cedera, namun kemungkinan persaingan ketat di posisi penjaga gawang semakin terbuka lebar.

Jika Maarten Paes sudah bisa dipastikan bisa segera bergabung dengan skuad Garuda besutan Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

2. Wahyu Prasetyo

Pemain PSIS Semarang Wahyu Prasetyo atau Hulk saat laga debut bersama Timnas Indonesia. [PSSI]Pemain PSIS Semarang Wahyu Prasetyo atau Hulk saat laga debut bersama Timnas Indonesia. [PSSI]

Wahyu Prasetyo menjadi pemain yang mencuri perhatian tersendiri seiring banyaknya pemain keturunan berposisi sebagai bek.

Jika tidak konsisten, Wahyu bisa terdepak dari skuad Garuda kapan saja mengingat adanya tambahan pemain keturunan di posisi tersebut.

Setidaknya ada Jay Idzes dan Justin Hubner, belum lagi Rizki Ridho yang tentu tak mau kehilangan tempat di skuad utama.

3. Pratama Arhan

Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Pratama Arhan masih jadi andalan Shin Tae-yong selama skema lemparan jauh ke dalam masih diterapkan, namun posisinya tidak selalu aman.

Kini Shin Tae-yong punya dua pemain kualitas Eropa di posisi bek kiri, Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On.

4. Adam Alis

Adam Alis (pssi.org)Adam Alis (pssi.org)

Adam Alis sudah dipastikan tersingkir dari skuad Timnas Indonesia, tentunya karena kehadiran sosok Thom Haye.

Kualitas Thom Haye di Liga Belanda diakui, ia merupakan salah satu pemain terbaik yang ada di Eredivisie musim ini.

5. Dendy Sulistyawan

Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan tampil pada laga FIFA Matchday kontra Turkmenistan.Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan tampil pada laga FIFA Matchday kontra Turkmenistan.

Dendy Sulistyawan memang dipanggil Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, namun sama sekali tak mendapatkan menit bermain.

Kini posisi Dendy Sulistyawan pun tergusur, seiring kehdiran Ragnar Oratmangoen yang diprediksi bakal jadi starter di skuad Garuda.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #berpotensi #jadi #korban #thom #haye #yang #sudah #dicoret

KOMENTAR