Inspirasi Ramadan: 5 Pesepak Bola Muslim Berhati Mulia, Bangun Masjid dari Hasil Jerih Payah
Penyerang Al Nassr, Sadio Mane merayakan dengan Cristiano Ronaldo setelah mencetak gol pembuka dalam laga kontra Al Ettifaq di babak 16 besar King's Cup 2023-2024 di Stadion Al Awwal Park, Selasa (31/10/2023) waktu setempat.
05:54
9 Maret 2024

Inspirasi Ramadan: 5 Pesepak Bola Muslim Berhati Mulia, Bangun Masjid dari Hasil Jerih Payah

Sepak bola tak hanya tentang menendang bola dan mencetak gol. Bagi para pesepak bola muslim, kesuksesan di lapangan hijau juga menjadi kesempatan untuk berbagi dan membantu sesama.

Salah satu bentuk kepedulian yang inspiratif adalah dengan membangun masjid. Banyak pemain muslim top dunia yang melakukannya.

Kisah kedermawanan para pesepak bola muslim ini bisa menjadi inspirasi banyak orang yang sebentar lagi bakal menjalani ibadah puasa Ramadan 2024 atau 1445 Hijriah.

Berikut 5 pesepak bola muslim yang telah mendedikasikan sebagian hartanya untuk membangun masjid:

1. Mohamed Salah (Liverpool)

Reaksi penyerang Mesir Mohamed Salah setelah mengalami cedera saat menghadapi Ghana di penyisihan Grup B Piala Afrika (CAN) 2024 di Stadion Felix Houphouet-Boigny di Abidjan pada 18 Januari 2024.Issouf SANOGO / AFPReaksi penyerang Mesir Mohamed Salah setelah mengalami cedera saat menghadapi Ghana di penyisihan Grup B Piala Afrika (CAN) 2024 di Stadion Felix Houphouet-Boigny di Abidjan pada 18 Januari 2024.Issouf SANOGO / AFP

Sang megabintang Liverpool ini tak hanya dikenal dengan skillnya yang luar biasa, tetapi juga kedermawanannya.

Menyitat Calico Mercato, pemain asal Mesir itu menyumbang sekitar 60 ribu euro kepada masyarakat muslim di wilayah Tuscany, Italia untuk membangun Masjid.

2. Sadio Mane (Al Nassr)

Bintang timnas Senegal, Sadio Mane resmi berseragam klub Liga Arab Saudi, Al Nassr yang juga dihuni Cristiano Ronaldo. [Twitter/@AlNassrFC_EN]Bintang timnas Senegal, Sadio Mane resmi berseragam klub Liga Arab Saudi, Al Nassr yang juga dihuni Cristiano Ronaldo. [Twitter/@AlNassrFC_EN]

Winger lincah asal Senegal ini dikenal dengan ketaatannya pada agama. Mane telah membangun beberapa masjid di kampung halamannya Bambali, Senegal.

Selain itu, dirinya juga diketahui rajin menyumbang rezekinya untuk membangun fasilitas umum di kampung halamannya seperti sekolah hingga rumah sakit.

3. Frederic Kanoute (Eks Sevilla)

Frederic Kanoute bukanlah muslim sejak lahir. Dia menjadi mualaf saat berusia 20 tahun.

Mantan pesepak bola yang pernah bermain untuk Sevilla itu diketahui kerap menyisihkan pendapatannya untuk beramal.

Salah satu kegiatan amal yang dilakukan Kanoute adalah membangun masjid di Seville, Spanyol.

Menyitat laporan Al Jazeera, Kanoute bersama Sevilla Mosque Foundation berhasil mengumpulkan sekitar Rp14 miliar untuk pembangunan Masjid pada 2020 silam.

Kanoute diketahui menjadi penyumbang terbanyak dengan 700 ribu dolar AS atau Rp10 miliar. Berkat bantuannya, Seville akhirnya membangun masjid pertama dalam 700 tahun terakhir.

4. Demba Ba (Eks Chelsea)

Demba Ba. (Shutterstock)Demba Ba. (Shutterstock)

Eks striker Chelsea, Demba Ba, yang terkenal dengan selebrasi sujdu syukur, diketahui pernah membangun masjid di Doondu, Senegal.

Melansir Sen24heures, masjid yang dibangun Demba Ba itu diberi nama Nasrullah.

Ba memang dikenal sebagai muslim yang taat. Bahkan dia pernah mengungkapkan bahwa agama Islam lebih penting dari kariernya di sepak bola.

"Menjadi seorang muslim lebih penting bagiku ketimbang menjadi pesepak bola. Seorang muslim yang baik adalah manusia yang baik. Jadi, aku mencoba menjadi manusia yang baik," kata Demba Ba.

5. Ousmane Dembele (Paris Saint-Germain)

Ousmane Dembele (Twitter Fabrizio Romano)Ousmane Dembele (Twitter Fabrizio Romano)

Ousmane Dembele yang merupakan eks Barcelona dan kini berkarier bersama Paris Saint-Germain (PSG) disebut pernah membangun masjid.

Menurut laporan About Islam, Dembele yang berkewarganegaraan Prancis, membangun masjid di tanah leluhurnya di Mauritania tak lama setelah membantu Prancis meraih gelar Piala Dunia 2018.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #inspirasi #ramadan #pesepak #bola #muslim #berhati #mulia #bangun #masjid #dari #hasil #jerih #payah

KOMENTAR