Antusias Jadi WNI, Maarten Paes Tegaskan Sudah Belajar Pancasila dan Indonesia Raya
Penjaga gawang berdarah Indonesia, Maarten Paes (mlssoccer.com)
16:00
7 Maret 2024

Antusias Jadi WNI, Maarten Paes Tegaskan Sudah Belajar Pancasila dan Indonesia Raya

Pemain keturunan, Maarten Paes antusias untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Nyatanya dirinya mengakui telah belajar soal Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Maarten Paes merupakan salah satu pemain keturunan yang sedang menjalani proses naturalisasi bersama Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye. Ia pun hadir secara daring ketika raker bersama DPR RI, Kamis (7/3/2024).

"Pertama saya ingin menyampaikan rasa syukur karena mendapat kesempatan ini. Terima kasih untuk orang-orang yang bekerja di balik layar, saya terkesan dengan kehangatan dari orang-orang Indonesia," ucap Maarten Paes.

Kiper berusia 25 tahun ini menjelaskan ingin menjadi warga negara yang baik. Maka dari itu, tidak hanya di lapangan saja, tapi ia ingin belaja budaya Indonesia.

"Hal yang ingin saya raih di lapangan adalah Indonesia memiliki potensi di sepak bola. Di lapangan saya ingin jadi pemimpin, menjadi warga negara yang baik dan jadi pemimpin di dalam dan luar lapangan," kata Maarten Paes.

"Lalu saya ingin belejar budaya dan berusaha belajar bahasa secepat mungkin. Saya sudah belejar soal Pancasila dan mempelajari Indonesia Raya. Ini awal yang baik tapi masih banyak hal lain," sambungnya.

Adapun Maarten Paes saat ini berkarier di Amerika Serikat atau MLS. Sayangnya, meski selangkah lagi bakal menjadi WNI, tapi ia belum mendapatkan panggilan Shin Tae-yong.

Sebab, diketahui masih akan ada kendala yang harus diselesaikan oleh PSSI terkait perpindahan federasi Maarten Paes dari KNVB.

Editor: Arif Budi

Tag:  #antusias #jadi #maarten #paes #tegaskan #sudah #belajar #pancasila #indonesia #raya

KOMENTAR