Shin Tae-yong Mode Pencari Bakat, Keliling Belanda Cari 'Harta Karun' untuk Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
13:18
24 Februari 2024

Shin Tae-yong Mode Pencari Bakat, Keliling Belanda Cari 'Harta Karun' untuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan menyambi menjadi pencari bakat. Dia berencana untuk berkeliling Belanda selama dua pekan demi menemukan 'harta karun' alias pemain keturunan potensial untuk skuad Garuda.

Saat ini, Shin Tae-yong masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan. Ia sedang libur sejenak setelah memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Tidak dijelaskan kapan STY akan memulai petualangannya mencari pemain di Belanda. Namun yang jelas, pelatih 53 tahun itu tidak akan asal ambil pemain.

"Saya berencana untuk pergi ke Belanda selama dua minggu untuk memeriksa kembali para pemain keturunan," kata Shin Tae-yong dilansir dari Naver Sport, Sabtu (24/2/2024).

"Para pemain ini bukan pemain campuran, tetapi pemain berdarah Indonesia. Kita harus lebih aktif memanfaatkan para pemain ini," jelasnya.

Shin Tae-yong menambahkan akan kesulitan menjaring pemain-pemain keturunan Indonesia di luar negeri. Pasalnya, mereka jarang mendapat menit bermain.

Skuad Timnas Indonesia di Ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia di Ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)

"Mengenai masalah naturalisasi, kami akan mencari pemain yang memiliki darah Indonesia. Saya yakin ada pemain yang lebih baik," jelasnya.

Timnas Indonesia era STY memang banyak mengandalkan pemain keturunan. Sederet nama sudah bahkan ditempuh lewat naturalisasi seperti Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Jay Idzes.

Terdekat, Timnas Indonesia akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam. Pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 21 Maret 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #mode #pencari #bakat #keliling #belanda #cari #harta #karun #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR