Mengenal Sosok Rodtang Jitmuangnon, Salah Satu Petarung Muay Thai Terbaik Sepanjang Masa
Petarung Muay Thai asal Thailand, Rodtang Jitmuangnon. (onefc)
15:30
22 Pebruari 2024

Mengenal Sosok Rodtang Jitmuangnon, Salah Satu Petarung Muay Thai Terbaik Sepanjang Masa

Rodtang Jitmuangnon saat ini bisa dibilang merupakan atlet Muay Thai terbaik. Julukan manusia besi yang disematkan oleh dunia karena kekuatannya pun bukan hanya sekadar kata-kata belaka.

Lahir di Phatthalung, bagian selatan dari Thailand, Rodtang atau yang memiliki nama asli Tinnakorn Srisawat sudah begitu terkenal di arena Muay Thai. Sebelum bergabung dengan ONE Championship pada 2018 silam, atlet yang dikenal lewat rahangnya yang keras ini telah menjalani 300 laga pertarungan dengan lebih dari 250 kemenangan. 

Rodtang merupakan anak ke-8 dari 10 bersaudara. Ia lahir dari ayah yang bekerja sebagai buruh kasar, serta ibu rumah tangga yang kerja serabutan. Saat kecil, Rodtang kerap menemani ibunya mencuci piring saat ada proses pemakaman di kampung tempatnya tinggal.

Dengan penghasilan yang tidak menentu, keluarga Rodtang tidak bisa dibilang hidup berkecukupan, apalagi ada belasan anggota keluarga yang perlu dinafkahi.

Kesulitan hidup itu juga yang memaksanya menjadi seniman Muay Thai demi mencari tambahan uang untuk membantu menghidupi keluarganya. 

Rodtang pertama kali mengenal Muay Thai ketika berumur tujuh tahun, dan mulai debut dalam dunia pertarungan saat menginkak usia 10 tahun.

Setelah itu, pada usia 14 tahun, Rodtang memberanikan diri untuk pindah ke Bangkok dan bergabung bersama klub Jitmuangnon Gym yang jadi sasana tempatnya berkarier hingga titik ini.

Ketekunan Rodtang ternyata membuahkan hasil dengan menjuarai berbagai kompetisi Muay Thai bergengsi, mulai dari Omnoi Stadium hingga MAX Muay Thai. Namun, hidupnya benar-benar berubah ketika ia debut di ONE Championship pada 2018 lalu di Istora Senayan.

Ia pun langsung berjaya menghadapi Sergio Wielzen, dan meraih sabuk emas kelas terbang Muay Thai usai mengalahkan Jonathan Haggerty setahun setelahnya. Ia pun kembali menjaga sabuk itu dari sang bintang Inggris dalam pertemuan kedua.

Sejak kemenangannya itu, Rodtang berhasil mempertahankan gelar juaranya hingga lima kali berturut-turut atas lawan elite seperti Petchdam Petchyindee, Walter Goncalves, dan Joseph Lasiri.

Namun, Rodtang harus menelan kekalahan pertamanya di Muay Thai usai ditekuk sesama Juara Dunia dan rekan baiknya, Superlek Kiatmoo9. Ia pun berduel dengan sahabatnya itu selama tiga ronde yang sangat kompetitif, walau harus kalah via poin.

Walau menerima hasil tak memuaskan, tapi laganya melawan Superlek dianugerahi sebagai aksi Muay Thai terbaik di ONE Championship pada 2023. Ia pun tetap merajai kelas terbang Muay Thai, dan menjadi salah satu petarung Muay Thai terbaik dunia dengan raihan 14 kemenangan di organisasi terbesar dunia.

Setelah kekalahan dari Superlek, sejatinya Rodtang dijadwalkan untuk menantang Takeru Segawa dalam laga kickboxing di ONE 165 pada Januari lalu. Namun, karena cedera tangan, ia harus mundur.

Di luar dari dunianya sebagai atlet Muay Thai, Rodtang dikenal sebagai suami penyayang. Pada Februari tahun lalu, Rodtang menikahi kekasihnya, Aida Looksaikongdin dan menjadi mualaf memeluk agama Islam.

Hingga kini, Rodtang kerap membagikan kegiatannya mempelajari kepercayaan barunya. Dalam sebuah wawancara dengan media Thailand, Rodtang menyebut jika kedua orang tua sang istri sudah dia anggap sebagai orang tua sendiri.

Oleh karena itu, setiap mendapat bonus dan uang tanding dari ONE Championship, Rodtang mengaku selalu membagikannya pada semua anggota keluarga tanpa membeda-bedakan.

Saat ini, belum ada kabar resmi kapan ia akan kembali berlaga. Namun berdasarkan unggahan di media sosial, Rodtang menyatakan telah pulih dari cedera dan mulai kembali berlatih di sasana. Terbaru, dia melayangkan tantangan pada Jonathan Haggerty, petarung asal Inggris yang baru saja mempertahankan sabuk juara dunia Muay Thai ONE Championship.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mengenal #sosok #rodtang #jitmuangnon #salah #satu #petarung #muay #thai #terbaik #sepanjang #masa

KOMENTAR