Menpora Dito Bongkar Pesan dan Target Besar dari Prabowo: Indonesia Naik Peringkat dan Makin Disegani di Olimpiade
Dito Ariotedjo memberikan sambutan ketika kembali jadi Menpora RI pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
17:34
21 Oktober 2024

Menpora Dito Bongkar Pesan dan Target Besar dari Prabowo: Indonesia Naik Peringkat dan Makin Disegani di Olimpiade

- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkap pesan dan target dari Presiden Prabowo Subianto setelah kembali terpilih sebagai menteri. Salah satu pesannya adalah membuat olahraga Indonesia makin maju dan disegani di Olimpiade.

Dito Ariotedjo ditunjuk oleh Prabowo Subianto untuk menjadi Menpora RI dalam kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Ini jadi kali kedua Dito menjabat posisi itu setelah sebelumnya memegang jabatan yang sama dalam kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2023 lalu.

Saat mendapatkan kepercayaan dari Prabowo, Dito menyampaikan bahwa dia dapat tugas dan target besar dalam bidang olahraga sebagai Menpora RI. Tugas itu berkaitan dengan capaian kontingen Merah Putih dengan olimpiade.

"Pastinya bagaimana beliau menginginkan Indonesia di mata dunia, khususnya untuk olahraga dan juga kader-kader muda kita, ini bisa lebih gemilang," kata Dito Ariotedjo di Kemenpora RI, Senin (21/10).

"Beliau (Prabowo) itu kan hadir langsung di olimpiade, di Olimpiade Paris, dan beliau ingin Indonesia ketika di Olimpiade, Paralimpiade, ini makin dilihat dan makin disegani," jelas Dito.

Prabowo Subianto memang sempat hadir saat tim Indonesia berjuang di Olimpiade Paris 2024 pada Juli-Agustus lalu. Pria yang saat itu masih jadi menteri pertahanan itu datang saat upacara pembukaan untuk memberikan dukungan langsung.

Karena itu, kata Dito, semangat Prabowo dalam mengembangkan olahraga Indonesia semakin tinggi. Ketua umum Partai Gerindra itupun menginginkan Dito bisa mewujudkanya.

"Dia ingin indonesia naik tingkat di Olimpiade dan Paralimpiade. Ia gila olahraga juga, pasti semangatnya semakin ngegas," jelas Dito.

Pencapaian tim Indonesia di Olimpoade Paris 2024 sendiri mengalami peningkatan. Untuk pertama kalinya kontingen Merah Putih berhasil menyabet dua medali emas. Kedua emas itu dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi).

Kontingen Indonesia juga dapat satu perunggu atas nama Gregoria Mariska Tunjung. Capaian dua emas dan satu perunggu itu membuat Merah Putih peringkat ke-39 pada klasemen akhir Olimpiade Paris 2024.

Perolehan tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan dengan perolehan tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Saat tampil di Tokyo, skuad Merah Putih berada di peringkat ke-55 dengan mengoleksi total lima medali yang terdiri dari satu emas, satu perak dan tiga perunggu.

Saat ditanya mengenai program dan target jangka pendek, Dito menyampaikan bahwa Kemenpora akan langsung bergegas mempersiapkan cabor untuk bertarung di multi-event terdekat tingkat Asia Tenggara, SEA Games 2025 di Thailand.

"Pastinya dalam jangka pendek bagaimana kita menyiapkan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games 2025 dan ASEAN Para Games 2025," ucapnya.

"Dan pastinya untuk kepemudaan karena nanti kita akan ada pusat pelayanan kepemudaan. Itu menjalankan purpose yang kemarin ini akan lebih fokus lagi dan Bapak Prabowo juga memberikan dukungan," tambah Dito.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #menpora #dito #bongkar #pesan #target #besar #dari #prabowo #indonesia #naik #peringkat #makin #disegani #olimpiade

KOMENTAR