5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Nganggur di Era Shin Tae-yong
Ezra Walian (instagram/@ezrawalian)
15:36
17 Februari 2024

5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Nganggur di Era Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang memiliki pemain-pemain andalan yang bisa menjalankan instruksinya dengan baik. Itulah sebabnya, ada banyak pemain naturalisasi yang menganggur selama dia menjabat.

Deretan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang menganggur ini juga tak terlepas dari kebijakan Shin Tae-yong dalam memotong generasi. Pemain-pemain lama harus terdepak dari skuad Garuda.

Itu termasuk pemain naturalisasi yang harus tersingkir dari skuad Timnas Indonesia. Berikut Suara.com menyajikan nama-nama pemain naturalisasi yang harus menganggur di era Shin Tae-yong.

1. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic sebetulnya berstatus sebagai pencetak gol yang cukup konsisten di kompetisi domestik. Penyerang naturalisasi Bali United ini bahkan sudah pernah tiga kali meraih gelar juara di Liga 1.

Namun, di bawah kepemimpinan STY, Spaso justru harus tersingkir. Dia memang pernah mendapatkan beberapa kali panggilan, tetapi tak bisa menembus posisi utama di lini serang Timnas Indonesia.

2. Alberto Goncalves

Berikutnya, ada nama Alberto Goncalves yang sama sekali tak pernah mendapatkan panggilan Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Striker asal Brasil itu harus gigit jari karena tak bisa memperkuat skuad Garuda.

Pemain yang akrab disapa Beto itu memang sudah memasuki masa senja saat STY menjabat. Saat ini saja, pemain naturalisasi itu umurnya menginjak 43 tahun, sehingga sulit bersaing di lini serang Timnas Indonesia.

3. Ezra Walian

Berikutnya, nama pemain yang harus tersingkir dari persaingan Timnas Indonesia ialah Ezra Walian. Bisa dibilang, striker kelahiran Belanda ini lebih banyak menganggur di era Shin Tae-yong.

Ezra memang sempat jadi salah satu andalan di Piala AFF 2020. Namun, sejak saat itu, namanya sudah tak kembali dipanggil Shin Tae-yong karena banyak opsi lain di lini serang skuad Merah Putih.

4.  Victor Igbonefo

Victor Igbonefo juga ikut bagian dari pemain naturalisasi yang tersingkirkan di era Shin Tae-yong. Dia beberapa kali sempat dijajal kemampuannya oleh pelatih asal Korea Selatan itu, tapi akhirnya gagal bersaing.

Itu terbukti pada Piala AFF 2020 ketika Igbonefo hanya bermain pada laga pertama, dan setelah itu jadi cadangan. Sejak saat itu, pemain kelahiran Nigeria ini tak pernah lagi dipanggil.

5. Stefano Lilipaly

Pemain naturalisasi yang pernah menjadi langganan Timnas Indonesia tetapi akhirnya harus tersingkir ialah Stefano Lilipaly. Dia sering bolak-balik memperkuat skuad Garuda sebelum STY datang.

Namun, Lilipaly harus menerima kenyataan karena dirinya tak masuk skema Shin Tae-yong meski performanya di Liga 1 terhitung moncer.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #yang #nganggur #shin #yong

KOMENTAR