Ulasan Lengkap Road to Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar, Statistik Tim Hingga Daftar Top Skor
Penyerang Qatar Almoez Ali (tengah) merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Iran dan Qatar di Stadion al-Thumama di Doha pada 7 Februari 2024. Giuseppe CACACE / AFP
10:12
10 Februari 2024

Ulasan Lengkap Road to Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar, Statistik Tim Hingga Daftar Top Skor

Piala Asia 2023 diwarnai kejutan dan drama, mengantarkan Yordania dan Qatar ke final yang penuh gengsi.

Perjalanan Yordania diwarnai drama dan kejutan. Memulai turnamen dengan mengalahkan Malaysia 4-0, Yordania ditahan imbang Korea Selatan 2-2 dan kalah dari Bahrain 0-1. Berada di peringkat ketiga grup, Yordania lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Di babak 16 besar, Yordania tertinggal 2-1 dari Irak hingga menit ke-76. Namun, kartu merah untuk Aymen Hussein mengubah keadaan. Yordania bangkit dan mencetak dua gol di injury time melalui Yazan AL Arab dan Nizar Al Rashdan, memastikan kemenangan dramatis 3-2.

Timnas Qatar Usai Taklukkan Iran Dengan Skor 2-3 di Partai Semifinal Piala Asia 2023. (qfa.qa)Timnas Qatar Usai Taklukkan Iran Dengan Skor 2-3 di Partai Semifinal Piala Asia 2023. (qfa.qa)

Yordania melaju, mengalahkan Tajikistan 1-0 di perempat final dan menyingkirkan Korea Selatan 2-0 di semifinal. Yazan Al Naimat dan Nazar Al Taamari menjadi bintang Yordania dengan torehan tiga gol.

Qatar Tak Tergoyahkan di Kandang Sendiri

Sebagai tuan rumah, Qatar tampil solid. Menang telak 3-0 atas Lebanon, 1-0 atas Tajikistan, dan 1-0 atas China, Qatar lolos dengan poin sempurna dan tanpa kebobolan di fase grup.

Tantangan Qatar dimulai di babak knock out. Tertinggal 1-0 dari Palestina di babak 16 besar, Qatar bangkit dan menang 2-1 melalui gol Hassan Al Haydos dan Akram Afif.

Di perempat final, Qatar bermain imbang 1-1 dengan Uzbekistan hingga adu penalti. Sempat tertinggal, Qatar akhirnya menang 3-2.

Di semifinal, Qatar berhadapan dengan Iran yang sengit. Tertinggal 1-0, Qatar berbalik unggul 2-1. Iran menyamakan kedudukan, namun Qatar memastikan kemenangan 3-2 melalui gol Almoez Ali di menit ke-82.

Akram Afif menjadi bintang Qatar dengan torehan lima gol.

Final Penuh Gengsi Menanti

Yordania dan Qatar akan bertarung untuk pertama kalinya di final Piala Asia. Pertandingan ini menjanjikan duel sengit dan penuh gengsi.

Piala Asia 2023 menghadirkan kisah inspiratif Yordania dan performa impresif Qatar di kandang sendiri. Final yang dinanti akan menjadi puncak dari turnamen penuh kejutan dan drama.

Top skor

Akram Afif tampil gemilang dalam laga semifinal melawan Iran. Ia mencetak satu gol dan membawa Qatar melaju ke final Piala Asia. Gol tersebut merupakan gol kelima Afif di turnamen ini, membuatnya tertinggal satu gol dari Aymen Hussein (Irak) di puncak daftar top skor.

Dengan hanya satu pertandingan tersisa, Afif memiliki peluang besar untuk merebut gelar top skor. Ia harus mencetak dua gol di final melawan Yordania untuk melampaui torehan Hussein.

Pemain Yordania, Yazan Al Naimat dan Musa Al Taamari, juga masih memiliki peluang untuk menjadi top skor. Mereka berdua telah mencetak tiga gol dan membutuhkan tiga gol lagi untuk menyamai Hussein.

Final Piala Asia antara Yordania dan Qatar akan digelar di Stadion Lusail pada Sabtu (10/2). Pertandingan ini akan menjadi penentu siapa yang akan meraih gelar juara dan top skor.

Daftar Top Skor Piala Asia:

Aymen Hussein (Irak) - 6 Gol
Akram Afif (Qatar) - 5 Gol
Ayase Ueda (Jepang) - 4 Gol
Mehdi Taremi (Iran) - 3 Gol
Yazan Al Naimat (Yordania) - 3 Gol
Musa Al Taamari (Yordania) - 3 Gol
Oday Dabbagh (Palestina) - 3 Gol
Lee Kang In (Korea Selatan) - 3 Gol
Son Heung Min (Korea Selatan) - 3 Gol

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #ulasan #lengkap #road #final #piala #asia #2023 #yordania #qatar #statistik #hingga #daftar #skor

KOMENTAR