Masa Depan Cerah Sepak Bola Indonesia, 3 Bintang Muda Siap Menggebrak Eropa
Selebrasi Marselino Ferdinan, bintang muda di era Shin Tae-yong (pssi.org)
17:24
9 Februari 2024

Masa Depan Cerah Sepak Bola Indonesia, 3 Bintang Muda Siap Menggebrak Eropa

Kiprah para pemain Timnas Indonesia yang baru saja tampil di ajang Piala Asia 2023 ternyata menjadi sorotan dunia. Belakangan ini, media asing menyebut beberapa nama pemain skuad Garuda yang layak direkrut klub top Eropa.

Media asal Amerika Serikat, ESPN, merilis nama-nama pemain yang mencuri perhatian di Piala Asia 2023, termasuk di antaranya penggawa Timnas Indonesia, yang dianggap memiliki potensi besar untuk digaet klub Eropa. 

Dalam artikel yang berjudul “Asian Cup Transfer Targets: Which Young Guns Will Europe’s Giants Be Eying?”, ada banyak pemain muda yang dinilai punya talenta luar biasa untuk melanjutkan kariernya di Eropa.

Lalu siapa saja mereka? Berikut Suara.com menyajikan nama-nama pemain Timnas Indonesia yang dinilai layak digaet klub Eropa.

1. Marselino Ferdinan

Pemain pertama Timnas Indonesia yang disebut ESPN ialah Marselino Ferdinan. Bekas pemain Persebaya SUrabaya dinilai punya kualitas yang mentereng meski usianya belum genap 20 tahun.

Mereka mengulas betapa spesialnya Marselino Ferdinan yang sejauh ini sudah hampir mendapatkan 20 caps bersama skuad Garuda, termasuk empat penampilan tak tergantikan di Piala Asia 2023.

“Gelandang kelahiran Jakarta berusia 19 tahun ini bermain di berbagai posisi dan dia memimpin timnya dalam tekel, take-on, dan tembakan dari permainan terbuka. Menurut Opta, ia hanya tertinggal dari Jenner dalam ball-recovery,” tulis ESPN.

2. Ivar Jenner

Nama kedua yang disebut oleh ESPN ialah Ivar Jenner. Gelandang kelahiran Belanda yang bermain untuk FC Utrecht  ini juga sempat disinggung soal penampilannya melawan Palestina dan Argentina pada tahun lalu.

“Setelah absen di Kualifikasi Piala Dunia pada bulan Oktober dan November karena cedera, pemain berusia 20 tahun ini mencatatkan pertandingan kompetitif pertamanya untuk negaranya di Doha,” tulis ESPN.

“Dia selalu menjadi starter di keempat laga tim Garuda di lini tengah dan mencatatkan pertandingan penuh dalam kemenangan atas Vietnam dan kekalahan dari Jepang dan Australia,” lanjutnya.

3. Justin Hubner

Yang terakhir, nama pemain yang disebut ialah Justin Hubner. ESPN menyebut, pemain asal Wolverhampton Wanderers itu menampilkan kejutan yang luar biasa saat debut bersama Timnas Indonesia.

“Bek bertubuh kekar ini telah kembali ke Wolves, dan dia menjadi kapten Tim U-21 di Premier League 2 dan masuk dalam daftar tim Premier League pertamanya pada bulan Desember,” bunyi ulasan ESPN.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #masa #depan #cerah #sepak #bola #indonesia #bintang #muda #siap #menggebrak #eropa

KOMENTAR