Perbandingan Gaji Jesse Lingard vs Pratama Arhan, Sama-sama Berkarier di Liga Korea
Perbandingan gaji Pratama Arhan dan Jesse Lingard. (Kolase Instagram/@pratamaarhan8 dan @jesselingard)
15:06
9 Pebruari 2024

Perbandingan Gaji Jesse Lingard vs Pratama Arhan, Sama-sama Berkarier di Liga Korea

Eks bintang Manchester United, Jesse Lingard resmi berkostum FC Seoul dan bakal jadi lawan bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan di Suwon FC.

Kepindahan Jesse Lingard ke Liga Korea tentu jadi kejutan, pemain asal Inggris itu tak seperti pemain Eropa lainnya yang memilih Arab Saudi.

Jesse Lingard justru menuju Asia Timur dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan opsi tambahan satu tahun.

Sebelumnya Pratama Arhan dipastikan bermain di kasta tertinggi Liga Korea bersama Suwon FC usai mengakhiri akhir di Jepang.

Kontrak Arhan yang tak diperpanjang Tokyo Verdy dimanfaatkan Suwon FC untuk merekrutnya, dengan durasi kontrak selama satu tahun.

Ditambah opsi perpanjangan satu tahun, lantas berapa perbandingan gaji Pratama Arhan dan Jesse Lingard yang sama-sama gabung klub Korea?

Dimulai dari Jesse Lingard yang rela menerima gaji jauh lebih kecil ketimbang di Liga Inggris, Seoul FC dilaporkan memberinya upah 17.500 pounds.

Nilai tersebut berada di kisaran Rp345 juta per pekannya, meski dikatakan jauh dari gajinya saat masih berkarier di Liga Inggris.

Akan tetapi menurut laporan media setempat Chosun Ilbo, nominal tersebut menjadi yang paling tinggi di Korea.

Jika dibandingkan saat masih berseragam Nottingham Forest, Lingard digaji 180 ribu poundsterling per pekannya.

Alasan Lingard mau menerima tawaran Seoul FC juga masih jadi pertanyaan besar, padahal selama menganggur ia mendapat tawaran lebih dari 25 klub.

Meski diakui oleh Lingard bahwa ia mengaku ingin merasakan hal baru, mulai dari karier hingga adaptasi budaya lokal baru.

"Saya sudah menerima ini, saya di sini dan saya siap menerima budaya di sini," ucap Jesse Lingard seperti dikutip dari OneFootball.

"Ini adalah awal baru bagi saya, babak baru dalam karier saya,"

"Saya hanya ingin menikmati bermain sepak bola lagi, membuat orang tersenyum dan menunjukkan kepada penggemar Korea apa yang bisa saya lakukan." imbuhnya.

Sementara itu gaji Pratama Arhan tidak secara gamblang diungkap ke publik, hanya bisa dikira lewat rata-rata gaji pemain di kasta teratas Liga Korea.

Menurut lapoan Korean Times, rata-rata gaji pemain kasta tertinggi Liga Korea mencapai 282,1 juta won atau sekitar Rp3,2 miliar per musimnya.

Suwon FC disebut membayar gaji pemain lokal senilai Rp2,6 miliar per musim, lain hanya dengan pemain asing yang bisa mencapai Rp10 miliar per musim.

Kontributor: Eko

Editor: Arif Budi

Tag:  #perbandingan #gaji #jesse #lingard #pratama #arhan #sama #sama #berkarier #liga #korea

KOMENTAR