MilkLife Soccer Challenge Bandung Bangun Ekosistem Sepak Bola Putri Usia Dini
Salah satu pertandingan sepak bola putri MilkLife Soccer Challenge Bandung Series 2 2024 di Stadion Siliwangi. (Istimewa)
12:18
15 Oktober 2024

MilkLife Soccer Challenge Bandung Bangun Ekosistem Sepak Bola Putri Usia Dini

–Partai final MilkLife Soccer Challenge Bandung Series 2 2024 di Stadion Siliwangi pada Minggu (13/10) berlangsung kompetitif dengan persaingan merebut gelar juara yang sangat ketat.

Di kelompok Usia (KU) 12, SDN 073 Pajagalan sukses menandai debut manis usai menaklukkan SDN 129 Rancasawo Margasari. Sementara di KU-10, SDN 075 Jatayu A mampu meraih podium tertinggi usai menekuk SDN 013 Pasirkaliki.

Penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge Bandung Series 2 2024 memperkuat tren positif yang menandai tumbuhnya ekosistem sepak bola putri di level usia dini. Keikutsertaan peserta dalam turnamen tersebut mencapai 1.564 siswi dari 68 madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar dari Kota Bandung dan sekitarnya.

Jumlah tersebut meningkat hampir tiga kali lipat dibanding penyelenggaraan Series 1 2024 pada Juni lalu yang diikuti 538 siswi dari 22 MI dan SD dan terbagi menjadi 32 tim KU-12 dan 14 tim KU-10. Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan, tren positif meningkatnya kuantitas dan kualitas peserta hampir serempak terjadi di kota-kota penyelenggara. Hal ini tak lepas dari upaya pemassalan sepak bola putri usia dini yang dimulai pada 2023 dengan program kompetisi berjenjang dan berkesinambungan.

”Visi kami untuk mengembalikan era kejayaan sepak bola putri Indonesia akan segera terwujud, karena kami mulai dengan pemassalan di level usia dini. Dengan konsistensi penyelenggaraan turnamen merupakan hal yang sangat membanggakan untuk menemukan talenta pesepak bola putri masa depan Indonesia,” ucap Yoppy.

Dia menjelaskan, para siswi yang terjaring radar tim pencari bakat berkesempatan untuk mengikuti MilkLife Soccer Extra Training, program pelatihan khusus dengan target peningkatan kemampuan dasar bermain sepak bola.

Dia menyebut, di bawah arahan Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge Timo Scheunemann para peserta yang telah menjalani pelatihan akan membentuk tim yang akan berlaga di ajang MilkLife Challenge All-Stars KU 12 di SuperSoccer Arena Kudus pada awal tahun 2025.

”Tidak hanya Bandung, para siswi dari kota-kota lain seperti Surabaya, Tangerang, Jakarta, Kudus, Solo, Jogjakarta dan Semarang. Kita nantikan bagaimana aksi para tim All-Stars setiap kota untuk unjuk gigi sebagai bibit potensial pesepak bola putri Indonesia,” jelas Yoppy.

Program MilkLife Soccer Extra Training mengadopsi sistem promosi degradasi pemain. Di setiap kota akan terjaring 21 pemain yang dipantau perkembangannya. Peserta yang stagnan, akan tergantikan oleh pemain potensial lain yang memenuhi kriteria. Itu untuk mendorong para siswi lebih mengembangkan kemampuan mereka dalam bermain sepak bola.

”Program MilkLife Extra Training sangat penting. Para siswi yang potensial dan berbakat selalu diasah dan dilatih sehingga terarah. Kami juga mendorong agar para siswi bergabung dengan sekolah sepak bola (SSB) agar dapat ikut liga secara berkesinambungan di KU-14 dan KU-16,” tutur Coach Timo.

Brand Manager MilkLife Adrian Tan menyebut, peningkatan animo peserta dalam penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge Bandung Series 2 2024 selaras dengan harapan agar semakin banyak anak Indonesia aktif berolahraga. Sehingga, menjadi generasi yang sehat dan tangguh di masa mendatang.

”Kami gembira peningkatan peserta yang tinggi dalam penyelenggaraan Series 2 di Bandung. Anak-anak Indonesia memerlukan wadah untuk menyalurkan bakat, terutama di bidang olahraga. Dengan menjalani olahraga rutin, didukung dengan nutrisi yang baik, diharapkan generasi masa depan dapat menyongsong cita-cita mereka dengan lebih tangguh,” ucap Adrian.

Berikut daftar pemenang MilkLife Soccer Challenge – Bandung Series 2 2024

Kategori Usia 10

Juara : SDN 075 Jatayu A

Runner-up : SDN 013 Pasirkaliki

Semifinalis : SDN 085 Ciumbuleuit dan SDN 020 Lengkong Besar

Top Scorer : Khansa Nada Talitha - SDN 127 Sekeloa

Best Player : Aqeela Gustina Fauziah - SDN 020 Lengkong Besar

Best Goalkeeper : Aqila Assyifatu Haifa - SDN 013 Pasirkaliki

Fairplay Team : SDN 020 Lengkong Besar

Kategori Usia 12

Juara : SDN 073 Pajagalan

Runner-up : SDN 129 Rancasawo Margasari

Semifinalis : SDN 043 Cimuncang C dan SDN 164 Karang Pawulang A

Top Scorer : Amanda Fitriani - SDN 073 Pajagalan A

Best Player : Riyanti Saffana Suryani - SDN 129 Rancasawo Margasari

Best Goalkeeper : Nanda Husna Qanita - SDN 164 Karang Pawulang A

Fairplay Team : SDN 004 Cisaranten Kulon

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #milklife #soccer #challenge #bandung #bangun #ekosistem #sepak #bola #putri #usia #dini

KOMENTAR