FIFA: Pembukaan Piala Dunia 2026 di Mexico City, Final di New York
MetLife Stadium di New Jersey/New York, Amerika Serikat dipilih FIFA menjadi venue final Piala Dunia 2026. [Dok. FIFA]
12:48
5 Februari 2024

FIFA: Pembukaan Piala Dunia 2026 di Mexico City, Final di New York

FIFA telah mengumumkan bahwa Piala Dunia 2026 akan bergulir mulai 11 Juni hingga 19 Juli dengan Estadio Azteca, Mexico City akan menghelat laga pembuka, sementara MetLife Stadium, New Jersey/New York akan menggelar laga final.

“Piala Dunia FIFA paling inklusif dan berdampak bukan lagi merupakan impian namun kenyataan yang akan berlangsung dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko, dan AS,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dikutip dari AFP.

“Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonis ke final spektakuler di New York New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan… yang bukan hanya menetapkan rekor-rekor baru, namun juga meninggalkan warisan yang tidak terbantahkan” tambahnya.

Atlanta dan Dallas dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan laga semifinal, sementara pertandingan perebutan peringkat ketiga akan diadakan di Miami.

Pertandingan perempat final akan tersebar di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Total, terdapat 16 kota di tiga negara yang akan menjadi tuan rumah, dengan mayoritas pertandingan diadakan di Amerika Serikat.

Piala Dunia 1994, yang juga diadakan di Amerika Serikat, memiliki pertandingan final di Rose Bowl, Pasadena, dekat Los Angeles.

Keputusan ini diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara, dengan kehadiran Gianni Infantino bersama selebriti seperti Kevin Hart, Drake, dan Kim Kardashian.

MetLife Stadium, dengan kapasitas 82.500 penonton, yang terletak di East Rutherford, New Jersey, melintasi Sungai Hudson dari New York, akan menjadi tuan rumah final.

Stadion ini menjadi kandang bagi tim American football New York Giants dan New York Jets, serta pernah menyelenggarakan final Piala Amerika 2016.

New York bersaing keras untuk menjadi tuan rumah laga final, menginginkan tambahan pengalaman sebagai tuan rumah ajang internasional dan memperkuat posisinya sebagai kota global dengan akses transportasi yang mudah.

Dallas, yang diwakili oleh AT&T Stadium di Arlington, Texas, juga berharap mendapat manfaat. Stadion ini adalah kandang bagi tim American football Dallas Cowboys.

Dallas mendapatkan alokasi sembilan pertandingan, jumlah tertinggi di antara kota-kota lainnya.

Los Angeles juga mencoba menjadi tuan rumah laga puncak, tetapi menghadapi hambatan perubahan yang diminta FIFA di Stadion SoFi.

Estadio Azteca yang Bersejarah

Stadion Estadio Azteca. (Sportskeeda)Stadion Estadio Azteca. (Sportskeeda)

Estadio Azteca akan mencatat sejarah sebagai stadion pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dalam tiga edisi yang berbeda, setelah 1970 dan 1986. Stadion ini menjadi tempat final pada kedua turnamen tersebut.

Piala Dunia 2026 akan berlangsung bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-250 kemerdekaan Amerika Serikat.

Pertandingan putaran 16 besar dijadwalkan pada 4 Juli, hari kemerdekaan, di Philadelphia, tempat penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS.

Tim nasional Amerika Serikat akan memulai fase grup di Stadion SoFi, Los Angeles, pada 12 Juni, dan juga akan bermain di Seattle. Toronto dan Vancouver akan menjadi tuan rumah pertandingan pertama untuk tim nasional Kanada.

Ekspansi format turnamen dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah pertandingan menjadi 104, dengan 16 lokasi penyelenggaraan.

Format baru ini akan terdiri dari 12 grup dengan empat tim masing-masing. Dua tim teratas dan delapan tim peringkat ketiga terbaik akan melaju ke fase gugur.

Pada akhirnya, turnamen ini akan memainkan delapan pertandingan tambahan dibandingkan dengan format sebelumnya.

Sebanyak 16 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver, demikian Antara.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fifa #pembukaan #piala #dunia #2026 #mexico #city #final #york

KOMENTAR