Minim Menit Bermain Jelang Piala Asia 2023, STY Update Kondisi Asnawi Mangkualam
Bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (kiri). [BAY ISMOYO / AFP]
16:42
10 Januari 2024

Minim Menit Bermain Jelang Piala Asia 2023, STY Update Kondisi Asnawi Mangkualam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengkonfirmasi kapten skuad Garuda, Asnawi Mangkualam baru selesai menjalani masa pemulihan cedera otot.

Dalam uji coba terakhir Timnas Indonesia jelang persiapan Piala Asia 2023, Asnawi sendiri sempat bermain selama 20 menit saat menghadapi Iran di Qatar, Selasa (9/1/2024) malam WIB.

Sebelumnya, pada laga uji coba kontra Libya dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) di Turki, Asnawi sama sekali tak tampil dalam dua pertandingan.

"Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini. Dan memang hanya dimainkan sekira 20 menit (lawan Iran) untuk cek kondisi Asnawi seperti apa," kata Shin Tae-yong seperti dilansir Antara, Rabu (10/1/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)

"Jadi, di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten. Wakil kapten Jordi Amat yang jadi kapten lawan Iran ini," sambung pelatih berusia 53 tahun itu.

Dalam uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023, tim Garuda harus takluk dengan skor telak 0-5 dari Iran dalam pertandingan yang berlangsung tertutup di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar tersebut.

Mengenai hal tersebut, Shin Tae-yong akan mengevaluasi lini pertahanan Timnas Indonesia yang banyak melakukan kesalahan.

"Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kami, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kami sendiri," tukas STY soal kekalahan telak lawan Iran.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sendiri berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Pasukan asuhan Shin Tae-yong akan melakoni laga pertama melawan Irak pada 15 Januari 2024, lalu melawan Vietnam pada 19 Januari, dan terakhir melawan Jepang pada 24 Januari.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #minim #menit #bermain #jelang #piala #asia #2023 #update #kondisi #asnawi #mangkualam

KOMENTAR