Hasil Piala Asia 2023: Menang Dramatis 2-1 Lawan Jepang, Iran Melaju ke Semifinal
Penyerang sayap Timnas Iran, Alireza Jahanbakhsh merayakan gol penaltinya ke gawang Jepang pada laga Piala Asia 2023 di Education City Stadium di Al-Rayyan, Qatar, 3 Februari 2024. [HECTOR RETAMAL / AFP]
21:18
3 Februari 2024

Hasil Piala Asia 2023: Menang Dramatis 2-1 Lawan Jepang, Iran Melaju ke Semifinal

Timnas Iran memenangi big match kontra Timnas Jepang untuk melaju ke semifinal Piala Asia 2023. Pertarungan dua favorit juara ini dimenangi Iran dengan skor 2-1 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (3/4/2024) malam WIB.

Timnas Jepang sebenarnya sedikit lebih difavoritkan untuk memenangi laga perempat final ini, terlebih mereka merupakan tim tersukses dalam sejarah Piala Asia dengan empat trofi juara.

Akan tetapi, penalti super telat Iran pada menit ke-90+6 yang dieksekusi penyerang sayap andalan mereka, Alireza Jahanbakhsh menjadi penentu kemenangan timnya.

Sebelumnya, Tim Samurai Blue --julukan Timnas Jepang-- sebenarnya unggul lebih dulu pada menit ke-28 lewat gol Hidemasa Morita, sebelum di babak kedua Mohammad Mohebi menyamakan skor untuk Iran (55').

Dengan hasil ini, Iran menyusul dua tim sebelumnya yang sudah memastikan tiket semifinal Piala Asia 2023 yakni Yordania dan Korea Selatan.

Di semifinal nanti, Team Melli --julukan Timnas Iran-- sendiri akan menghadapi pemenang laga perempat final antara tuan rumah Qatar kontra Uzbekistan yang akan digelar malam ini pukul 22:30 WIB.

Susunan Pemain:

Timnas Iran XI: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian, Hossein Kanaanizadegan, Shojae Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Omid Ebrahimi, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Saman Ghoddos, Mohammad Mohebi, Sardar Azmoun.

Timnas Jepang XI: Zion Suzuki, Seiya Maikuma, Ko Itakura, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Ito, Wataru Endo, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Hidemasa Morita, Daizen Maeda, Ayase Ueda.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #hasil #piala #asia #2023 #menang #dramatis #lawan #jepang #iran #melaju #semifinal

KOMENTAR