Profil Jairo Riedewald, Gelandang Crystal Palace yang Disebut Berminat Bela Timnas Indonesia
Pemain Crystal Palace, Jairo Riedewald mengaku punya darah Indoensia. (John Walton / POOL / AFP)
14:30
31 Januari 2024

Profil Jairo Riedewald, Gelandang Crystal Palace yang Disebut Berminat Bela Timnas Indonesia

Berikut profil Jairo Riedewald, gelandang klub Liga Inggris, Crystal Palace yang disebut berminat untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Kabar pemain keturunan tersebut bersedia dinaturalisasi salah satunya muncul dalam unggahan akun Instagram, @/pemainketurunan.

Dalam sebuah unggahan, akun Instagram tersebut memperlihatkan tangkapan layar percakapan mereka dengan Jairo Riedewald terkait kemungkinan membela Timnas Indonesia.

"Pernahkah kamu dihubungi oleh PSSI?" tanya akun tersebut.

"Itu selalu mungkin. Waktu yang akan menjawabnya," balas Jairo Riedewald.

Jairo merupakan pemain kelahiran Belanda yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain berusia 27 tahun itu sudah bermain untuk Crystal Palace sejak 2017.

Andai benar bersedia membela Timnas Indonesia, kehadiran Jairo bakal memperkuat pos gelandang Garuda yang belakangan juga tengah menunggu rampungnya proses naturalisasi Thom Haye (SC Heerenveen).

Menurut aturan FIFA, PSSI masuh mungkin menaturalisasi Jairo meski sang pemain sudah pernah tampil untuk Timnas senior Belanda.

Hal itu bisa terjadi karena sang gelandang baru tampil tiga kali bersama Oranje di mana kali terakhir dirinya bermain adalah pada 2015 silam.

Menurut aturan, seorang pemain masih bisa membela negara lain andai belum melebihi tiga caps serta tiga tahun tak mendapat panggilan timnas senior dari negara sebelumnya.

Profil dan Biodata Jairo Riedewald

Pemain Crystal Palace, Jairo Riedewald, suka dengan makanan pedas Indoensia. (Mike Hewitt / POOL / AFP)Pemain Crystal Palace, Jairo Riedewald, suka dengan makanan pedas Indoensia. (Mike Hewitt / POOL / AFP)

Jairo Jocqulm Riedewald lahir pada 9 September 1996 di Haarlem, Belanda.

Dia memiliki keturunan yang beragam, dengan ayahnya berasal dari Suriname dan ibunya memiliki keturunan Belanda dan Indonesia, khususnya dari Ambon.

Karier sepak bola Jairo Riedewald dimulai ketika ia bergabung dengan akademi SV Overbos.

Pada usia 11 tahun, ia pindah ke akademi Ajax, klub top di Belanda. Pada Maret 2013, Riedewald menandatangani kontrak profesional dengan Ajax.

Debut profesionalnya bersama tim senior Ajax terjadi pada musim 2013/2014, dan ia turut membantu Ajax meraih gelar Eredivisie.

Selain bermain di level senior, Riedewald juga berkontribusi di tim Jong Ajax dan dalam kompetisi pemuda seperti UEFA Youth League.

Pada Juli 2017, Riedewald pindah ke Liga Inggris setelah bergabung dengan Crystal Palace dengan biaya transfer sekitar 9 juta euro.

Musim terbaiknya bersama Crystal Palace datang pada musim 2020/2021, di mana ia mencatatkan 34 penampilan dan mencetak 2 gol.

Di level internasional, Riedewald telah membela berbagai tingkatan tim nasional Belanda, mulai dari U-15 hingga debut bersama timnas senior pada September 2015. Debutnya terjadi saat ia berusia 18 tahun 11 bulan 28 hari.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #profil #jairo #riedewald #gelandang #crystal #palace #yang #disebut #berminat #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR