China Blunder Pilih Venue Pertandingan, Timnas Indonesia Justru Diuntungkan
Timnas Indonesia diuntungkan jelang lawan China. (Dok. PSSI)
13:36
8 Oktober 2024

China Blunder Pilih Venue Pertandingan, Timnas Indonesia Justru Diuntungkan

Timnas Indonesia disebut punya keuntungan karena akan tiba lebih dulu di China, ketimbang tuan rumah yang akan melakukan perjalanan lebih jauh.

China akan menjadi lawan timnas Indonesia pada 15 Oktober 2024. Federasi Sepak Bola China (CFA) memilih Qingdao untuk venue melawan skuad Garuda.

Akan tetapi, pemiihan tersebut seakan jadi blunder tersendiri. Sebab, anak asuh Shin Tae-yong dianggap malah mendapatkan keuntungan.

Sebelum melawan tim Merah Putih, China lebih dulu bertandang ke Adelaide, Australia.

Baca Juga: 4 Pemain Keturunan yang Jadi Permintaan Pertama Shin Tae-yong Segera Lengkap di Timnas Indonesia

CFA tidak mencarter pesawat untuk perjalanan tersebut, sehingga Team Dragon butuh waktu lama untuk berangkat dan pulang. Akibatnya China bakal melakukan perjalanan 18 jam dari Adelaide ke Qingdao.

"Setelah menyelesaikan pertandingan tandang di Australia, dibutuhkan setidaknya 18 jam terbang dari Adelaide ke Qingdao," tulis laporan 163.com.

Di sisi lain, timnas Indonesia akan mencarter pesawat usai laga Bahrain. Jadi, anak asuh Shin Tae-yong bisa langsung terbang ke tujuan

"Timnas Indonesia bertandang ke Bahrain pada laga ketiga. Karena perbedaan waktu, pertandingan mereka akan dimainkan setelah tim China, namun menurut rencana PSSI, timnas Indonesia mencarter penerbangan ke China sesegera mungkin setelah pertandingan," tulis laporan itu.

Penerbangan langsung dari ibu kota Bahrain ke Shanghai memakan aktu 9 jam. Jadi timnas Indonesia diperkirakan terbang dari Manama ke Qingdao memakan 10 jam.

Baca Juga: Kisah Masa Kelam Timnas Indonesia Era Irfan Bachdim Usai Pecat Pelatih Belanda Lalu Dibantai Bahrain 10 Gol

"Timnas Indonesia berangkat lebih awal dari kami dan perjalanan lebih singkat. Artinya mereka akan tiba di Qingdao sebelum China," tulis laporan tersebut.

Alhasil Shin Tae-yong harus bisa menanfaatkan keunggulan ini untuk persiapan yang matang dan kondisi pemain lebih bugar.

Editor: Arif Budi

Tag:  #china #blunder #pilih #venue #pertandingan #timnas #indonesia #justru #diuntungkan

KOMENTAR