Update Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia: Timnas Indonesia Berharap Keajaiban
Starting eleven Timnas Indonesia pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]
00:18
25 Januari 2024

Update Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia: Timnas Indonesia Berharap Keajaiban

Timnas Indonesia kini dalam situasi sulit dalam persaingan klasemen tim peringkat tiga terbaik fase grup Piala Asia 2023 untuk lolos ke babak 16 besar. Kekalahan dari Timnas Jepang membuat situasi tim Garuda cukup rumit.

Timnas Indonesia harus menyerah dari raksasa Asia, Jepang pada matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023 setelah takluk 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Ayase Ueda menjadi pencetak dua gol Jepang pada menit ke-5 dan ke-54, sementara satu gol tambahan didapat dari gol bunuh diri Justin Hubner (88').

Sementara itu, satu gol konsolasi Timnas Indonesia diciptakan oleh Sandy Walsh pada menit ke-90+1.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia mengakhiri kiprah di Grup D Piala Asia 2023 di peringkat ketiga klasemen, mengoleksi 3 poin dengan selisih gol -3, dengan Jepang lolos ke fase gugur sebagai runner-up grup dengan 6 poin.

Meski sulit, Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik fase grup.

Hanya saja, Timnas Indonesia kini jauh dari kata aman di klasemen peringkat tiga terbaik. Sebab, saat ini Garuda bertengger di posisi keempat dengan 3 poin dan selisih gol -3.

Kini, nasib Timnas Indonesia tergantung dari hasil matchday terakhir Grup E dan Grup F. Dua hasil pertandingan yang menentukan nasib skuad Garuda adalah laga Yordania vs Bahrain dan Oman vs Kirgistan yang dimainkan Kamis (25/1/2024) besok.

Timnas Indonesia kini berharap salah satu dari dua kemungkinan yang menguntungkan mereka bisa terwujud.

Untuk laga di Grup E, Timnas Indonesia berharap Yordania mengalahkan Bahrain dengan skor 2-0 atau selisih tiga gol. Kondisi itu membuat Garuda akan punya keunggulan selisih gol atas Bahrain.

Sedangkan untuk laga Oman vs Kirgistan, hasil imbang antara kedua tim akan menguntungkan Timnas Indonesia. Hal itu lantaran Oman bakal mengakhiri fase grup hanya dengan torehan dua poin, alias satu angka lebih sedikit ketimbang Indonesia.

Timnas Indonesia bakal lolos ke babak 16 besar apabila salah satu dari dua kemungkinan tersebut terwujud.

Di klasemen peringkat tiga terbaik, Palestina dan Suriah sudah dipastikan lolos. Dengan demikian, hanya tinggal dua slot tersisa menuju babak 16 besar dari jalur peringkat tiga terbaik.

Klasemen Sementara Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023:

klasemen

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #update #klasemen #peringkat #terbaik #piala #asia #timnas #indonesia #berharap #keajaiban

KOMENTAR